Memasuki Ramadhan, umat Muslim mulai bersiap melaksanakan ibadah puasa. Bukan sekadar menahan lapar dan dahaga sejak matahari terbit hingga terbenam, hawa dan nafsu pun harus ditahan.

Agar ibadah puasa optimal, menu sahur pun harus diatur sedemikian rupa agar tidak mudah lapar. Maklum saja, jika menu sahur lebih banyak mengandung karbohidrat, besar kemungkinan kadar gula darah melonjak dan menimbulkan rasa lemas serta mudah lapar.

Oleh karena itu, pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur mengandung protein sehingga bisa dicerna secara perlahan. Dengan demikian, rasa kenyang muncul lebih lama dan tidak mudah merasa lapar. Tak kalah penting, protein juga membuat kadar gula darah stabil selama berpuasa sekitar 13 jam.

Dari sekian banyak pilihan protein yang bisa dikonsumsi, telur, ikan, dan juga ayam adalah beberapa jenis yang mudah dan praktis diolah untuk sahur. Bahkan jika terlambat bangun, omelet bisa dijadikan menu sahur sebagai penyelamatnya.

Selain itu, seperti halnya yang dilakukan Rasulullah SAW, kurma sebagai buah dengan berjuta manfaat bisa dijadikan menu sahur yang mencukupi kebutuhan nutrisi. Bahkan kurma bisa dikonsumsi langsung. Namun agar lebih bervariasi, kurma juga bisa disajikan dengan cara dicampur bersama oatmeal.

Berikut adalah beberapa menu praktis, sederhana dan menggugah selera yang bisa diaplikasikan sebagai menu sahur.

Semur telur dan tahu

Hanya menggunakan bahan dasar telur dan tahu dan menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kemiri dan kecap, menu makanan yang satu ini sangat mudah diolah. Bahkan Anda bisa mempersiapkannya sebelum tidur dan sekadar menghangatkannya kembali ketika akan disantap sebelum sahur. Kandungan protein yang terdapat dalam telur dan tahu akan membantu menahan lapar di siang hari.

Ayam suwir

Bila Anda ingin merasakan kenyang lebih lama, menu ayam suwir bisa menjadi jawabannya. Ayam suwir ini mengandung protein yang tinggi sehingga bisa membuat tubuh merasa kenyang yang lebih lama. Agar terasa lebih nikmat, Anda bisa menambahkan kecap atau sambal merah.

Capcai

Menu yang sarat akan kombinasi sayur dan protein ini, selain sangat menyegarkan disantap, kandungan protein pada potongan udang atau ayamnya akan membantu menstabilkan gula darah saat berpuasa.

Ayam goreng ungkep bumbu kuning

ayam goreng

Menu sahur yang satu ini bisa menjadi penyelamat ketika bangun sedikit terlambat. Anda bisa mengungkep ayam sehari sebelumnya, simpan di freezer dan tinggal menggorengnya ketika ingin disantap. Praktis, lezat, dan pastinya menggugah selera ketika disantap hangat-hangat.

Telur gulung

Satu lagi menu praktis yang bisa Anda masak ketika sahur. Hanya menggunakan bahan dasar telur, daun bawang, potongan wortel dan buncis, serta sedikit garam sebagai penyedap, menu ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk membuatnya. Tambahkan juga lada jika suka. Agar lebih berselera ketika menyantapnya, cocolan saus sambal akan sangat membantu. [AYA]