Libur sekolah kali ini Anita bersama papa dan mamanya berkunjung ke rumah Opung Doli di Sumatera Utara, tepatnya di Kota Medan.

Anita sangat gembira karena di rumah Opung Doli ia bertemu sepupunya, Lucia, yang juga sedang berlibur di sana.

Sudah dua hari ini, Anita berada di Kota Medan. Pagi ini, rencananya, Anita dan Lucia akan mengikuti kegiatan penanaman 7 ribu pohon di pinggiran Danau Toba diajak oleh Opung Doli.

“Kira-kira, kita akan menanam pohon-pohon apa saja, Lucia?” tanya Anita pada sepupunya itu.

“Hari ini, banyak macam pohon yang akan ditanam di sana, Anita. Tapi, kata Opung Doli, kita menanam pohon durian dan jambu bol,” tanggap Lucia.

Sesampainya di lokasi, dengan bersemangat Anita, Lucia mendampingi Opung Doli mengikuti kegiatan penanaman 7 ribu pohon tersebut. Para masyarakat di sana bahu-membahu antusias melakukan kegiatan menanam pohon di salah satu area di pinggiran Danau Toba tersebut.

Anita dan Lucia lalu mulai beraktivitas menanam benih pohon durian. Sementara itu, Opung Doli tampak mulai menanam benih pohon jambu bol.

“Opung, mengapa kita perlu menanam bermacam bibit pohon di sekitar Danau Toba ini? Bukankah di sini cukup hijau?” tanya Anita pada opungnya.

“Kegiatan menanam pohon ini adalah wujud tanggung jawab kita untuk menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, penanaman pohon ini juga membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Contohnya, pohon durian dan jambu bol ini, jika sudah besar kemudian berbuah, nantinya bisa dijual. Hasil penjualannya bisa untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Opung Doli.

“Kegiatan penanaman pohon ini kami lakukan setiap tahun, Anita. Kami rajin menanam pohon supaya kelestarian Danau Toba tetap terjaga. Sehingga keturunan kita dapat menikmatinya sampai nanti. Begitu ‘kan, Opung?” timpal Lucia.

“Betul, Danau Toba sekarang menjadi tujuh wisata favorit di Indonesia hingga mancanegara. Maka dari itu kita harus tetap menjaganya,” lanjut Opung Doli.

Mendengar itu, Anita tambah bersemangat melakukan kegiatan penanaman pohon tersebut.

Saat tiba kembali di rumah usai kegiatan menanam pohon, Opung Doli ternyata telah menyiapkan masakan khas Danau Toba yaitu arsik, masakan yang berbahan utama ikan mas dan sirup markisa.

Anita dan keluarga besar menikmati kelezatan masakan Opung Doli. Dalam hatinya, Anita berdoa semoga pohon-pohon yang telah ia tanam tadi akan cepat tumbuh menjadi besar dan bermanfaat untuk kelestarian Danau Toba. *

logo baru nusantara bertutur

Oleh Tim Nusantara Bertutur
Penulis: Lailatul Badriyah
Pendongeng: Paman Gery (Instagram: @paman_gery)
Ilustrasi: Regina Primalita
Tags : dongeng anak

Leave a Response