Pernahkah Anda merasa mobil kehilangan tenaga pacunya, saat berjalan seperti tersendat, atau tak kunjung menyala saat dihidupkan? Kemungkinan permasalahannya adalah komponen pengalir bahan bakar. Dalam mobil karburator, permasalahan bahan bakar bocor masuk ke dalam karburator sering dijumpai. Sementara itu, dalam mobil injeksi, kemungkinan kebocoran itu sangat kecil.
Pada pola penyemprotan mesin injeksi, kerja injektor bahan bakar sepenuhnya diatur oleh komputer atau disebut ECU. Di sini, kebutuhan bahan bakar akan dihitung berdasarkan putaran mesin dan bukaan gas. Pada mobil modern, pompa ini terletak di dalam tangki dan terendam bensin serta menyatu dengan filter bahan bakar.
Fuel pump adalah komponen yang low maintenance, sehingga kita sering tidak memperhatikan apakah sudah rusak atau belum. Lalu apakah ciri-cirinya jika sudah rusak? Tidak ada ciri-ciri khusus. Namun, bisa ditengarai, misalnya, mobil tak kunjung bisa dihidupkan ketika dalam keadaan panas atau harus distarter lebih dari sekali dan berdurasi lebih panjang, walaupun hal ini belum tentu masalahnya 100 persen terjadi karena fuel pump. Hal ini bisa diketahui jika dibawa ke bengkel.
Penyebab kerusakan fuel pump biasanya adalah bahan bakar kotor. Seperti yang sudah diketahui, kualitas bahan bakar di Indonesia tidaklah sebaik kualitas bahan bakar asing. Saat membongkar filter bensin biasanya akan terlihat tanah atau karat yang ikut tersaring di dalamnya. Tanah atau karat tersebut bisa jadi karena penampung bensin di SPBU jarang dikuras sehingga akhirnya bisa masuk ke dalam mobil. Jadi, bagaimana merawat fuel pump?
Fuel pump harus terendam sempurna di dalam tangki karena bensin juga berfungsi sebagai pendingin dan pelumas. Hal ini disebabkan selama bekerja pompa mengeluarkan panas sehingga bahan bakar bisa membantu menyerap panas yang ada. Bahan bakar juga membantu melumas permukaan logam yang bergesekan di dalam pompa. Fuel pump yang berumur pendek diakibatkan kebiasaan pemilik kendaraan yang sering membiarkan tangki bensin kosong atau tidak penuh dalam waktu yang lama. Meskipun ada filter bensin, tetap saja kotoran bisa tidak tersaring. Yang penting, jangan Anda biarkan tangki bensin sering kurang dari seperempat.
Sebaiknya, sesekali Anda kuras tangki bensin mobil jika sudah mencapai 5 tahun pemakaian. Lalu, gunakanlah sesekali bahan bakar nonsubsidi karena oktannya lebih tinggi dan mampu memengaruhi akselerasi mobil dan mampu meringankan kinerja fuel pump. [*/VTO]
foto: wikipedia