Gaya Hidup

Ini 7 Kegiatan Mengusir Bosan saat di Rumah Saja

Ilsutrasi memasak bersama keluargaMemasak bersama keluarga jadi cara mengusir bosan saat di rumah. (Foto-foto : Shutterstock.com)
Diam di rumah terlalu lama sedikit banyak membuat sebagian orang merasa mati gaya dan bosan. Padahal, sebenarnya banyak hal yang bisa dikerjakan untuk mengusir bosan saat di rumah saja.

Jika selama ini kamu bersosialisasi dengan hangout bersama teman-teman di kafe favorit, ada banyak cara untuk tetap keep in touch bersama mereka. Melakukan video call dan memanfaatkan aplikasi Zoom untuk sekadar bertatap muka atau mengobrol dan nongkrong bersama secara daring sedikit banyak bisa mengobati rasa rindu.

Namun, jika beberapa kegiatan tersebut masih dirasa kurang, beberapa hal lain berikut ini mungkin bisa mengusir rasa bosan kamu saat di rumah saja.

1. Bermain game

Ketika kecil, mungkin kamu pasti pernah merasakan serunya bermain monopoli, ludo, ataupun ular tangga bersama teman maupun keluarga. Kini, Anda pun bisa mengulang kembali keseruan bermain boardgame tersebut bersama pasangan atau buah hati. Lakukan kegiatan ini ketika usai work from home (WFH) maupun home learning (HL).

Selain bermain boardgame, bermain game konsol juga bisa dilakukan. Sekarang ini, sudah ada permainan konsol yang bisa dimainkan dengan menggunakan handphone. Jadi, seluruh anggota keluarga bisa ikut serta. Makin ramai, makin seru.

2. Membaca buku

ilustrasi membaca buku
Buku bisa menjadi obat penawar bosan di rumah

Ketika belum ada anjuran diam di rumah, membaca buku bisa jadi merupakan hobi yang luar biasa mewah karena banyak waktu tersita untuk bekerja dan perjalanan pergi pulang ke kantor lantaran macet yang luar biasa.

Novel karya penulis terkenal macam Agatha Christie dan Stephen King mungkin bisa menjadi pilihan. Bahkan, kini, tersedia beragam tautan untuk mengunduh atau sekadar membaca secara daring komik-komik legendaris yang dulu atau bahkan hingga kini menjadi hits.

3. Belajar bahasa daring

Cara lain untuk mengusir bosan saat di rumah adalah dengan belajar bahasa daring. Salah satu cara memperluas wawasan dan mendalami budaya asing adalah mempelajari bahasa setempat. Pada saat seperti sekarang, mempelajari bahasa asing secara daring bisa kamu lakukan dengan lebih fokus.

4. Melakukan hobi

ilustrasi menjahit di rumah
Cobalah untuk belajar menjahit. Bisa jadi ini obat bosan kamu

Waktu luang yang panjang bisa membuat kamu kembali menekuni hobi yang membutuhkan fokus. Sebut saja menjahit, melukis, atau sekadar membuat cross stitch. Bingung tidak bisa berbelanja untuk melakukan hobi? Gunakan saja bahan-bahan yang tidak terpakai di rumah.

Misalkan saja kamu bingung menjahit apa, gunakan kain bermotif unik dari pakaian yang sudah tidak terpakai lagi untuk dikreasikan sebagai karya patchwork. Bahkan, kamu juga bisa menjual karya-karya tersebut jika yang dihasilkan sudah banyak.

Baca juga :

5. Memasak

Menjajal resep-resep baru untuk kemudian dihidangkan dan disantap bersama keluarga tidak saja mengusir kebosanan tetapi juga memberikan kebahagiaan tersendiri. Nah, manfaatkan resep-resep yang bisa dilihat di berbagai portal daring untuk kemudian dipraktikkan.

Selain menambah ilmu memasak, kepiawaian kamu dalam hal memasak juga akan semakin berkembang. Bagi kamu yang jeli, hal ini juga bisa menambah pendapatan keluarga.

6. Room makeover

Kesibukan di luar rumah terkadang membuat rumah atau sedikit terabaikan. Dengan waktu luang yang ada, tidak ada salahnya kamu mengubah dekorasi ruang atau kamar.

Dekorasi ruang atau kamar yang ditata ulang dengan rapi terkadang mampu membangkitkan suasana hati seseorang. Harapannya tentu saja dapat membuat seluruh penghuninya jauh lebih bersemangat dalam hal yang positif.

 7. Menonton serial drama favorit

ilustrasi nonton film di rumah
Menonton film membantu agar rasa bosan tidak muncul

Menonton serial drama maupun sitcom mampu mengusir bosan saat di rumah saja. Bahkan tak jarang kita sebagai penonton akan terhanyut dalam cerita yang disuguhkan. kamu yang pernah menikmati serial sitcom “Friends” yang hits di tahun 90-an pastinya juga merasakan keceriaan yang disuguhkan. Kini, tidak ada salahnya kamu menikmati kembali suguhan serial drama maupun sitcom tersebut.

Aneka kegiatan tersebut mungkin hanya beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir bosan saat di rumah. Coba lihat sisi baiknya, bahwa dengan berada di rumah saja, kamu bisa melakukan banyak hal yang dulu mungkin hanya berupa rencana atau impian. Selamat mencoba.

Leave a Response