Kenyamanan berkendara tidak hanya dipengaruhi oleh performa mesin dan suspensi yang mumpuni. Berkendara menggunakan kendaraan roda empat akan terasa kian nyaman jika alat transportasi tersebut dilengkapi pendingin udara (AC). Tak heran, mobil-mobil modern yang dijual di pasaran biasanya sudah dilengkapi AC.

Udara segar dan dingin yang hadir di dalam kabin merupakan hasil dari proses kerja sistem pendingin yang saling terintegrasi. Komponen-komponen sistem pendingin tersebut memiliki tugas masing-masing, yang pada akhirnya mampu menghasilkan udara sejuk, yang kita hirup di dalam kabin.

Jika diperhatikan, udara dingin yang tercipta di dalam mobil merupakan hasil kerja dari empat komponen utama, yaitu evaporator, kompresor, kondensor, dan filter dryer. Bengkel AC biasanya memeriksa komponen-komponen tersebut jika kabin tidak dingin.

Evaporator adalah salah satu komponen AC yang terdiri dari pipa-pipa kecil. Perangkat tersebut berfungsi menyerap panas yang terdapat di dalam mesin pendingin. Hasil dari penyerapan tersebut kemudian dibuang melalui kondensor menuju ruang yang tidak didinginkan.

Evaporator memiliki tekanan udara yang rendah karena kompresor yang terintegrasi dapat mengisap bahan pendingin yang ada di dalamnya. Embusan angin yang keluar dari kisi-kisi AC akan tetap dingin apabila komponen tersebut dalam kondisi prima. Evaporator yang kotor dapat mengganggu kerja sensor.

Sensor AC yang kotor tidak dapat memberikan sinyal akurat ke kompresor. Hal tersebut akan membuat kompresor secara terus menerus menyuplai freon dingin meski udara sudah cukup dingin. Banyaknya udara dingin yang menumpuk di ruang evaporator akan menjadikan ruang tersebut beku. Jika hal ini terjadi, udara yang keluar dari kisi-kisi AC hanyalah embusan angin biasa yang tidak sejuk.

Komponen penting lainnya adalah kompresor. Perangkat yang memiliki bentuk serupa dengan pompa air tersebut bertugas mengatur sirkulasi freon dari evaporator ke kondensor. Saat terdengar suara aneh pada sistem pendingin, teknisi biasanya curiga akan rusaknya kompresor.

Komponen AC yang harganya mahal tersebut dapat rusak karena kurangnya pelumas, piston aus, atau tidak presisinya as yang ada di dalamnya. Usia kendaraan dan cara pemakaian AC juga menjadi penyebab alat tersebut harus diganti.

Kompresor yang tidak berfungsi normal juga dapat diindikasikan dengan tidak stabilnya embusan udara yang keluar dari kisi-kisi AC. Misalnya saat kendaraan melaju pelan, udara yang ada di kabin tidak terasa dingin, tetapi saat pedal gas diinjak lebih dalam, udara menjadi dingin.

Kondensor dan filter dryer juga memiliki peran penting dalam menciptakan udara dingin. Selain menyerap panas dari freon yang telah dikompresi oleh kompresor, kondensor bertugas mengubah gas tersebut menjadi cair. Komponen yang berada di luar ruang yang sedang didinginkan tersebut bentuknya hampir mirip dengan evaporator, yang berupa pipa dilengkapi sirip-sirip kecil.

Sementara itu, filter dryer yang berbentuk tabung berfungsi sebagai tempat penampungan sementara freon cair sebelum disalurkan menuju evaporator. Selain menampung freon cair, alat ini berfungsi menyaring kotoran yang terbawa oleh bahan pendingin. Dengan filter kasa dan gel silika yang ada di dalamnya, filter dryer juga bertugas menyerap kandungan uap air yang ada di dalam freon.

Perawatan

Perawatan menjadi penting agar AC tetap menghadirkan udara dingin. Memperhatikan kebersihan interior menjadi hal mutlak agar kotoran tidak masuk ke dalam sistem pendingin.

Selain menjaga karpet tetap bersih, menggunakan pengisap debu sebagai alat pembersih ventilasi AC adalah langkah tepat. Membersihkan kabin bagian depan saat mobil dibersihkan adalah langkah tepat agar debu atau kotoran yang ada di daerah tersebut tidak merusak sistem pendingin.

Teknisi AC biasanya menyarankan agar pemilik mobil selalu membiasakan untuk menghidupkan mesin terlebih dahulu baru kemudian menghidupkan AC. Saat hendak mematikan mesin, sistem pendingin harus dalam keadaan tidak aktif. Servis AC secara berkala, setidaknya setiap 25.000–30.000 kilometer adalah langkah tepat yang harus diperhatikan agar komponen AC tetap awet. [BYU]

noted: mengenal sistem ac mobil