Meningkatnya jumlah pasien positif Covid -19 memang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, penyebarannya harus ditekan dan dicegah. Ada banyak cara mencegah penyebaran Covid-19 di rumah.

Sejauh ini salah satu upaya mengurangi penularan Covid-19 adalah membatasi pergerakan manusia. Langkah pembatasan sosial (social distancing) yang diambil pemerintah antara lain dengan meliburkan sekolah, menutup sementara tempat-tempat hiburan, dan mengimbau pekerja untuk bekerja dari rumah. Dengan demikian, orang akan lebih banyak berdiam dalam rumah.

Tentunya rumah juga harus dibenahi agar tidak menjadi sumber penularan Covid-19. Menurut dr Santi dari Kompas Gramedia Medical Centre, berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk membenahi rumah agar terhindar dari Covid-19.

Baca juga : 

1. Bersihkan dengan disinfektan

mencegah penyebaran covid-19 (FOTO-FOTO: IKLAN KOMPAS/ E. SIAGIAN, SHUTTERSTOCK)
Melakukan pembersihan lantai rumah.

Melakukan tindakan pembersihan lantai, kamar mandi, dan benda-benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, tuas keran air, meja, tombol toilet, pegangan kursi, gagang telepon, mainan anak, keyboard, dan sebagainya dengan cairan disinfektan.

2. Cuci AC dan kipas angin

 

cara mencegah penyebaran Covid-19
membersihkan AC rumah.

Cuci perangkat yang berkaitan dengan sirkulasi udara seperti tirai penutup jendela secara teratur. Termasuk  membersihkan kipas angin dan atau AC. Atur agar ventilasi rumah terjaga dengan cara membuka semua jendela dan pintu pada pagi hari agar dapat terjadi pertukaran udara. Usahakan agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah dengan cara membuka semua tirai penutup jendela.

3. Cuci bak tempat cuci piring

Cuci bak tempat cuci piring setiap hari. Membiasakan agar setiap orang menggunakan alat makan (piring, sendok, garpu, gelas) sendiri-sendiri. Hindari berbagi makanan atau minuman dengan menggunakan wadah yang sama.

4. Jaga makanan selalu sehat

Jangan satukan makanan mentah dengan yang matang dan siap santap. Hal ini agar virus atau bakteri tidak berpindah dan termakan. Siapkan selalu makanan sehat dalam kondisi bersih dan matang.

5. Banyak minum air putih

Selalu sediakan air putih di dalam rumah. Air putih membantu memenuhi kadar cairan dalam tubuh sehingga membuat tubuh tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Baca juga : 

6. Efisiensi belanja

Bila ingin berbelanja ke pasar atau supermarket, sebaiknya siapkan daftar belanjaan agar tidak terlalu lama di dalam pasar. Usahakan datang ke pasar di jam yang ramai agar tidak berdesakan. Sebaiknya belanjalah untuk 2 atau 3 hari sekaligus.

7. Sediakan tempat sampah tertutup

cara mencegah penyebaran Covid-19
Menyediakan tempat sampah tertutup.

8. Cuci tangan dengan benar

cara mencegah penyebaran Covid-19
menempelkan tanda pengingat untuk selalu mencuci tangan dengan cara yang benar.

Cuci tangan dengan benar. Sudah banyak infonya di internet, silahkan mencari tahu. Selalu cuci tangan sebelum masuk rumah. Kalau bisa sediakan sabun dan tempat cuci tangan di depan rumah agar sebelum masuk rumah bisa cuci tangan dulu.

9. Sediakan kamar tidur untuk isolasi

Sediakan pula ruang isolasi untuk anggota keluarga yang sedang sakit. Ruang isolasi ini bisa menggunakan kamar tidur tersisa. Fungsinya, saat ada anggota keluarga sedang sakit, bisa dipisahkan dulu dari anggota keluarga lainnya sampai pulih.

10. Pantau suhu badan berkala

Karena kondisi lingkungan yang masih dalam tahap mengkhawatirkan, sebaiknya secara berkala pantau suhu tubuh setiap anggota keluarga secara berkala.

11. Rutin berolahraga

cara mencegah penyebaran Covid-19
Melakukan kegiatan olahraga.

Berolahraga tidak melulu harus di luar ruangan atau di tempat gym. Anda bisa lakukan olahraga yoga dengan panduan dari internet. Jika ruangan Anda agar luas, Anda bisa berlari mengelilingi ruangan rumah. Jangan salah, dengan lari di dalam rumah, kalori yang terbakar juga bisa signifikan. Silahkan mencoba.

12. Tidur cukup

cara mencegah penyebaran Covid-19
Tidur yang cukup.

Tidur yang cukup bisa membantu kondisi badan tetap fit. Namun, jika terlalu banyak juga bisa berakibat buruk bagi tubuh. Jadi, tidurlah secukupnya.

Leave a Response