Sebuah pameran tak hanya menjadi ajang untuk unjuk gigi para peserta, tetapi juga tempat menggali inspirasi bagi pengunjung. Pada pameran otomotif, misalnya, masyarakat bisa mencari ide-ide segar mengenai mobil mana yang tepat untuk dimiliki.

Gaikindo Indonesia Interna­tio­nal Auto Show (GIIAS) 2017 men­ja­di ajang yang ditunggu-tunggu ba­nyak orang dalam mencari inspirasi maupun membeli mobil ida­man. Pameran otomotif ta­­hunan ini akan digelar di In­do­nesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, pada 10–20 Agustus 2017.

Pengunjung akan disuguh­kan dengan sederet mobil ba­ru dengan teknologi terkini, baik yang benar-benar ba­ru di­luncurkan maupun pro­duk penyegaran dari versi sebe­lumnya. Pameran bertajuk “Rise of the Future Mobility” ini juga diharapkan mampu berperan aktif dalam perkembangan in­dustri otomotif nasional.

Olivia Sheiliany, salah seorang warga Ibu Kota menceritakan pengalamannya berkunjung ke GIIAS tahun lalu. “Saya bisa betah berlama-lama berada di area pameran, bahkan bisa seharian. Dan, ini menyenangkan. Kita tak hanya bisa melihat mobil baru terpajang memukau, tetapi juga bisa bertanya lebih dalam kepada penjaga booth tentang produk yang dijualnya. Lebih menarik lagi, saya bisa membandingkan satu merek dengan merek lainnya tanpa harus berkunjung ke diler-diler yang lokasinya tentu berjauhan.”

Selain dengan bertanya dan mem­pelajari brosur yang di­berikan, lanjut Olivia, pengunjung bisa merasakan sensasi berada di dalam mobil yang ditawarkan. Caranya dengan mengikuti test drive di area outdoor pameran tersebut.

0708-LANGGAM-GIAAS_4
0708-LANGGAM-GIAAS_3
0708-LANGGAM-GIAAS_2
0708-LANGGAM-GIAAS_1
0708-LANGGAM-GIAAS_5

“Pameran otomotif juga bi­sa memberikan pengalaman ter­sendiri bagi kita karena bisa mengikuti test drive. Gak perlu datang ke diler untuk merasakan performa atau fitur yang ada pada mobil yang ingin kita beli. Karena pengunjung bisa mencoba berbagai mobil baru dengan gratis di area test drive. Yang juga menggoda, biasanya mereka memberikan sejumlah promosi-promosi menarik. Dari sinilah saya kemudian memutuskan untuk membeli sebuah mobil baru,” beber Olivia.

Pengalaman tersebut tentu dirasakan oleh pengunjung lainnya. Bagi para keluarga, pameran ini juga bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu bersama si kecil. Pun bagi pelajar dan mahasiswa. Karena pada 16 Agustus 2017, panitia mengundang lebih dari 600 pelajar dan mahasiswa se-Jabodetabek untuk mengikuti acara Students Day agar memiliki wawasan luas tentang perkembangan otomotif di Tanah Air. Mereka akan mendapatkan informasi terkait teknologi otomotif terkini dan sederet produk unggulan.

Memperkenalkan teknologi

Dalam siaran tertulisnya, Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi berharap agar pameran ini bisa dijadikan sarana untuk memperkenalkan teknologi terbaru yang ada pada industri otomotif. “Kami ingin menjadikan GIIAS sebagai panggung produk kendaraan terbaru dengan teknologi terkini dapat diperkenalkan ke masyarakat luas. Selain memberikan kesempatan untuk menyaksikan perkembangan yang terjadi di industri otomotif dunia, hal ini turut menguatkan posisi Indonesia sebagai negara dengan potensi industri otomotif yang kuat.”

Sementara itu, Romi selaku Presiden Direktur Seven Events, organizer yang ditunjuk Gaikindo untuk mengorganisasi kegiatan ini, terus mengedepankan pentingnya kenyamanan pengunjung. Ia mengajak masyarakat untuk memantau akun media sosial GIIAS 2017 dalam mendapatkan informasi terkini. “Di sini, kami terus memberikan informasi seputar GIIAS 2017, seperti produk yang akan diluncurkan serta informasi lain seperti program acara dan tarif masuk pameran.”

Promosi-promosi menggiur­kan juga disuguhkan bagi para pengunjung. “Khusus weekdays, GIIAS akan memberikan berbagai promosi, mulai dari potongan harga tiket, parkir gratis, hingga kesempatan tiga kali lebih besar untuk memenangkan grand prize GIIAS 2017,” tambah Romi.

GIIAS 2017 didukung oleh 32 merek mobil terdiri atas 24 merek kendaraan penumpang dan 8 merek kendaraan niaga. Business matching menjadi program terbaru pada ajang kali ini. Program yang digelar pada 14–16 Agustus 2017 ini akan memfasilitasi pertemuan antara agen pemegang merek kendaraan komersial dan asosiasi pengguna kendaraan komersial tersebut. [BYU]

Foto-foto Iklan Kompas Adi Yuwono

Artikel ini terbit di harian Kompas Edisi 5 Agustus 2017.