Sudah menjadi pengetahuan umum jika tidur adalah sebuah elemen esensial untuk mendukung kesehatan. Hal ini pun berlaku kepada kesehatan si buah hati. Terlebih untuk anak bawah tiga tahun (batita), mereka membutuhkan tidur lebih lama untuk menunjang pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatannya.

Agar rutinitas tidur si kecil tidak terganggu, dia perlu mendapatkan privasi yang baik, seperti suasana kamar tidur yang nyaman. Agar si kecil betah untuk tidur di kamar sendiri, cobalah menata kamar tidurnya dengan memperhatikan aspek kreativitas dan keamanan.

Pilihlah tempat tidur berkaki pendek sehingga jarak antara lantai dan ranjang dekat.  Setelah mendapat ranjang, belilah beberapa bantal untuk melengkapinya.

Perlengkapan tidur tersebut akan amat membantu ketika si buah hati tidur. Selain menunjang kelelapan tidur, bantal-bantal dapat diletakkan di pinggir dan bawah ranjang untuk mencegah anak terjatuh dan terluka.

Bila perlu, Anda dapat membeli pagar ranjang (bed rail) untuk dipasang di tempat tidur anak. Hal ini untuk mencegahnya terpentok tembok atau terjatuh saat tidur.

Urusan warna juga jangan sampai luput dari perhatian Anda. Umumnya, anak batita cenderung tertarik pada warna-warna cerah dan meriah, misalnya biru, merah, kuning, dan hijau. Jadikan warna pilihan anak tersebut sebagai warna yang mendominasi kamar. Tak hanya warna untuk cat dinding, tetapi juga untuk diaplikasikan pada gorden dan seprai.

Kemudian untuk perabot pendukung, tempatkan lemari pakaian, lemari atau boks mainan, dan meja kecil plus kursi di sudut kamar. Perabot berwarna cerah atau bergambar tokoh animasi favorit dapat menjadi pilihan menarik. Bila masih ada area dinding yang polos, Anda dapat menambahkan cutting sticker atau wallpaper bergambar hewan atau kartun-kartun lucu untuk menyemarakkan kamar.

Pencahayaan turut menjadi elemen penting. Pilihlah lampu dengan sinar tidak menyilaukan. Akan lebih menarik lagi, bila Anda mencari lampu dilengkapi rumah lampu dekoratif yang lucu dan impresif untuk anak. Dengan mencoba cara-cara praktis ini, niscaya anak batita Anda merasa nyaman tidur dan bermain di kamarnya. [AJG]

noted: Menata Kamar Tidur Anak

Leave a Response