Liburan bukan sekadar upaya untuk menghindarkan diri dari kejenuhan, terlebih bila dilakukan bersama keluarga. Bahkan diyakini akan mampu meningkatkan kualitas hubungan antar-anggota keluarga.

Beragam cara bisa kita lakukan untuk mengisi waktu liburan, mulai dari rekreasi ke luar kota atau tempat wisata, bersantai di taman kota hingga sekadar memuaskan hobi. Bicara saja mungkin mudah, tetapi sebagian besar orang terkadang merasa sulit menyisihkan dana untuk berlibur. Namun hal ini sebenarnya bisa disiasati. Tidak harus berlibur ke luar negeri atau keluar kota yang jauh, kebersamaan keluarga bisa dijalin dengan bepergian ke suatu tempat yang tidak memerlukan dana transportasi mahal.

Ke taman kota misalnya. Menggunakan bus kota yang tarifnya relatif terjangkau bisa menjadi alternatif yang menjanjikan. Kalaupun ingin menggunakan kendaraan pribadi, biaya bensin pastinya tidak terlalu mahal. Anda pun dapat membuat makanan di rumah untuk dinikmati bersama di taman kota. Lebih murah dan higienis pastinya. Lalu, manfaat apa yang bisa didapat dengan berlibur bersama keluarga?

1. Mengurangi stres

Bayangkan saja, rutinitas yang Anda lakukan setiap harinya pasti tanpa disadari akan membangkitkan stres. Dari sekian banyak penelitian yang pernah dilakukan, perasaan stres akan cenderung menurun setelah berlibur. Boleh dibilang liburan merupakan “obat” mujarab untuk menurunkan stres. Bahkan liburan yang membahagiakan konon dapat menghindarkan Anda akan risiko stroke.

2. Kedekatan antar-anggota keluarga

Kesibukan dan rutinitas harian sering kali membuat anggota keluarga menjadi “jauh” satu sama lain. Bahkan untuk sekadar mencurahkan isi hati pun kadang terlewatkan, mengingat kuantitas pertemuan yang sangat singkat. Nah, berlibur bersama keluarga bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri dan meningkatkan kualitas pertemuan antar-anggota keluarga. Dengan begitu, kedekatan antar-anggota keluarga pun pastinya akan terjalin semakin erat.

3. Luasnya wawasan dan pola pikir

Foto-foto: Shutterstock.com

Efek positif liburan lainnya adalah berkembangnya wawasan dan pola pikir. Maklum saja, dengan berlibur di tempat yang baru, Anda dan keluarga pastinya akan lebih mengenal adat istiadat dan kebudayaan daerah setempat, serta menambah pengetahuan Anda akan lingkungan di sekitarnya. Dengan begitu rasa percaya diri dengan sendirinya akan tumbuh lebih baik lagi.

4. Kenangan indah

Kenangan indah akan liburan pastinya akan membuat seluruh anggota keluarga terkenang untuk waktu yang lama. Tanpa disadari, hal ini akan meningkatkan keharmonisan keluarga serta meningkatkan kasih sayang antar-anggota keluarga. Bahkan percaya atau tidak, keluarga yang sering bepergian liburan bersama memiliki tingkat risiko yang rendah terhadap perceraian dibandingkan keluarga yang tidak pernah berlibur bersama.

5. Memiliki kesadaran finansial lebih baik

Kenangan indah saat berlibur bersama keluarga membuat anggota keluarga senantiasa ingin mengulang kembali kebersamaan yang menyenangkan. Ajakan untuk kembali berlibur bersama bisa menjadi pengingat setiap anggota keluarga untuk hidup lebih hemat, menyisihkan uang, serta senantiasa menabung agar impian liburan bersama kembali terwujud. Tentu saja ini merupakan hal yang positif karena anggota keluarga senantiasa diingatkan akan perilaku finansial yang positif dan menghindarkan diri dari perilaku hidup boros.

Leave a Response