Dalam satu dekade terakhir ini, produsen gadget tak hanya berkompetisi menciptakan ponsel pintar bertabur teknologi canggih seperti fitur kamera yang nyaris menyamai kemampuan kamera digital. Belum lagi dimensinya yang kian ramping dan bobot ringan. Semua itu terasa kurang lengkap apabila mereka tidak ikut mencicipi manisnya “kue” di dunia wearable device.
Xiaomi
Sebut saja Xiaomi. Produsen asal China ini semakin gencar menciptakan produk-produk berteknologi yang juga menyasar pada gaya hidup dan dunia kesehatan. Merek yang menduduki peringkat 2 pasar ponsel India pada kuartal IV 2016 ini meluncurkan sepatu pintarnya yang diberi nama 90 Minutes Ultra Smart Sportswear.
Produk hasil kerja sama antara Xiaomi dan Intel ini disebut-sebut mampu mendeteksi beragam gerakan yang dilakukan pengguna, mulai dari berjalan, berlari, hingga mendaki.
Pada waktu yang ditentukan, data-data tersebut dapat dilihat melalui ponsel yang telah disinkronisasi dengan sepatu pintar itu. Pengguna bisa melihat besarnya jumlah kalori terbakar selama beraktivitas menggunakan produk tersebut.
Tak hanya menerapkan teknologi terkini, wearable yang pertama kali dipasarkan di Negeri Tirai Bambu ini juga bertabur fitur menggoda, mulai desainnya yang melengkung, adanya antiselip, serta air cushion yang dapat menyebarkan tekanan pada telapak kaki. Bagi yang gemar joging atau berlari pada malam hari, tersedia varian sepatu yang dapat menyala pada kegelapan.
Samsung
Samsung juga melakukan hal serupa dengan meluncurkan Samsung Galaxy Gear 2 dan Samsung Gear Fit. Jam tangan pintar tersebut hadir untuk menemani mereka yang gemar berolahraga seperti joging atau berlari.
Terdapat fitur Heart Rate Monitor untuk mengetahui detak jantung si pemakai. Gadget ini juga dilengkapi pedometer untuk menghitung langkah. Menariknya lagi, produk besutan Negeri Ginseng ini memiliki fitur tahan air dan debu.
Speaker dan mikrofon yang terdapat pada Samsung Gear 2 menjadikan perangkat ini bisa dijadikan alat menelepon. Tak hanya itu, wearable yang dipasarkan dengan harga Rp 3 jutaan ini bisa merekam momen-momen spesial karena dilengkapi dengan kamera auto fokus beresolusi 2 megapiksel. Layarnya pun cukup nyaman dilihat karena memiliki layar Super Amoled berukuran 1,63 inci.
Apple
Apple, perusahaan teknologi bermarkas di California, Amerika Serikat, juga terus berinovasi menciptakan produk-produk canggihnya, seperti Apple Watch Series 3. Jam tangan pintar ini tidak terlalu berbeda dibandingkan versi terdahulu yang memiliki garis desain lebih kuat dengan penambahan beberapa fitur terbaru.
Fitur terbaru yang ada pada gadget ini di antaranya antena LTE yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon melalui jam tangan tersebut. Dengan jam tangan berprosesor W2 dual core ini, kita tak perlu khawatir apabila ponsel tertinggal di rumah karena masih bisa melakukan panggilan melalui jam tangan.
Aplikasi Watch yang terbenam di dalamnya semakin memudahkan pengguna melakukan banyak hal, termasuk melakukan streaming ke lebih dari 40 juta lagu yang terdapat di Apple Music. Notifikasi dari berbagai pesan atau informasi penting juga hadir lebih beragam.
Gadget yang hadir dengan beragam varian ini dijual mulai dari Rp 5,25 jutaan, dan tersedia di sejumlah negara pada 22 September mendatang. Bagaimana dengan Indonesia? Kapan produk tersebut dapat dinikmati para pencinta gadget? Kita tunggu saja. [BYU]
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 16 September 2017