Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar Ovo, Dana, dan Go-Pay? Beberapa mungkin akan menjawab mengincar cashback saat belanja! Nah, hal serupa juga ternyata dilakukan LinkAja. Nah, tim Klasika mencoba langsung aplikasi ini mulai dari top-up lalu belanja dengan LinkAja. Apakah benar dapat cashback 25 persen?

Apa itu LinkAja?

Sebagai informasi, LinkAja merupakan dompet digital kolaborasi para anggota Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara). Bermodal kolaborasi, para anggota Himbara menyulap TCASH, dompet digital milik PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menjadi LinkAja. Migrasi pengguna TCASH ke LinkAja sudah dilakukan sejak 22 Februari 2019.

Sementara itu, integrasi dari masing-masing dompet digital para anggota Himbara, yaitu e-cash dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, yap! dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan TBank dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dilakukan pada 1 Maret 2019.

Tak hanya itu, LinkAja juga melibatkan PT Pertamina (Persero) dan beberapa perusahaan pelat merah lainnya. Hal ini membuat LinkAja bisa dianggap sebagai dompet digital para Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan PT Fintek Karya Nusantara alias Finarya yang ditunjuk sebagai pengelola bisnis tersebut.

Baca juga: Resmi Bisa Digunakan, Inilah Beberapa Fakta LinkAja

Cara top-up

Sama seperti Ovo, Dana, dan Go-Pay, sebelum bisa menggunakan aplikasi LinkAja, kita perlu top-up saldo dulu. Caranya pun mudah. Bisa melalui ATM, internet banking, mobile banking, hingga offline di toko retail, seperti Kantorpos, Alfamart, Alfamidi, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart, Indomaret, serta Suzuya.

Pada Selasa, (12/3/2019), Tim Klasika mencoba metode mengisi saldo LinkAja melalui m-banking BCA. Caranya, buka Aplikasi BCA Mobile. Pilih “m-BCA” dan masukan kode akses. Pilih menu “m-Transfer”. Pilih menu “BCA Virtual Account”. Lalu, masukan kode perusahaan LinkAja: 09110 diikuti nomor telepon Anda yang terdaftar di LinkAja. Kemudian, masukkan jumlah saldo yang akan diisi, ketik PIN BCA, tekan OK. Selesai.

Promosi cashback

Dalam hitungan detik, saldo LinkAja akan terisi sesuai nominal yang Anda kirim tanpa ada biaya layanan. Setelah itu, saatnya memanfaatkan promosi yang disediakan LinkAja. Salah satu promosi yang tersedia yaitu cashback 25 persen di restoran Sambal Khas Karmila dan Bakso Boedjangan.

Tim Klasika mencoba promosi cashback yang ada di Bakso Boedjangan cabang Pejaten, Jakarta. Setelah memesan menu bakso dan minuman, total harga yang harus dibayar yaitu Rp 148.500. Cara membayarnya mudah. Cukup buka aplikasi LinkAja, lalu klik logo QR Code.

Kemudian, pindai QR Code yang tersedia di merchant atau dalam hal ini Bakso Boedjangan. Setelah itu, masukkan nominal sesuai harga yang tertera di kasir. Dalam hitungan detik, saldo akan terpotong Rp 148.500, tetapi karena ada cashback 25 persen, saldo Tim Klasika saat itu masih tersisa Rp 26 ribu.

Persaingan ketat

Berdasarkan pengalaman tersebut, cara menggunakan fitur dompet digital di LinkAja mirip dengan yang ada di Ovo, Dana, dan Go-Pay. Apakah LinkAja akan menjadi pesaing tangguh di tengah persaingan ketat dompet digital yang sudah ada?

Dalam jangka pendek yang menjadi penentu, bisa jadi dari siapa yang paling kuat “bakar uang” untuk promosi kepada konsumen. Namun, dalam jangka panjang, keterikatan brand dengan konsumen tentu akan berpengaruh besar. Nah, kalau Anda lebih suka pakai yang mana, Ovo, Dana, Go-Pay, atau LinkAja?

1 Comment

Leave a Response