Bagian kolong mobil harus senantiasa dijaga kebersihannya agar mobil awet, terbebas dari karat dan korosi. Oleh sebab itu, luangkan waktu Anda untuk membersihkan area jarang tersentuh tersebut. Berikut ini empat komponen kolong mobil yang patut dibersihkan.

Bumper

Bumper, khususnya bagian dalam, menjadi area yang jarang terlihat tetapi sering menjadi kotor seiring penggunaan kendaraan. Butiran-butiran pasir, sampah, serta kotoran lainnya acap menyelinap di area tersebut.

Agar area terdepan kendaraan tersebut kembali bersih, ulurkan tangan sambil mengorek-ngorek kotoran yang menyelinap. Gunakan sikat halus atau spons yang dibasahi air sabun atau sampo mobil agar bagian tersebut semakin bersih. Bila memungkinkan, gunakan air bertekanan agar kotoran mudah sirna.

Sepatbor dan mudflap

Sepatbor dan mudflap juga harus dibersihkan secara berkala, terlebih setelah kendaraan diguyur hujan atau melintasi genangan air. Gunakan spons atau sikat halus untuk membersihkan kotoran yang ada pada komponen tersebut. Gunakan sampo mobil agar kotoran dapat benar-benar sirna.

Meski bagian tersebut jarang terpantau, Anda harus tetap menjaganya agar tidak cepat rusak. Oleh sebab itu, saat membersihkan area kolong, lakukan proses pencucian dengan perlahan dan jangan terlalu kuat.

Under side skirt

Berada di sisi kanan dan kiri bawah mobil, komponen ini juga harus dijaga kebersihannya, terlebih yang memiliki warna terang. Sering melintasi genangan air membuat komponen ini lebih cepat kotor dan kurang sedap dipandang.

Bersihkan menggunakan spons yang telah dibasahi dengan sampo mobil. Pastikan pula tidak ada kerikil atau aspal yang menempel pada komponen tersebut.

Lengan ayun dan shock absorber

Foto-foto: Shutterstock.com

Posisinya yang melintang membuat lengan ayun cepat kotor, terlebih pada musim hujan. Agar komponen ini awet dan bekerja optimal, bersihkan secara cermat dan berhati-hati. Gunakan sampo mobil dan spons agar bersih maksimal.

Steering rack dan shock absorber juga harus dibersihkan agar sistem suspensi bekerja secara normal dan memberikan kenyamanan berkendara.[*/BYU]

Leave a Response