Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, yang digelar di ICE, BSD, Tangerang, Banten, tak hanya menampilkan kendaraan penumpang. Pameran otomotif yang digelar hingga Minggu (12/8), tersebut juga memukau banyak orang berkat kehadiran kendaraan komersial, baik yang baru diluncurkan maupun masih tahap konsep.

Akhir pekan ini menjadi momen yang tepat bagi masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya untuk menambah wawasan tentang industri otomotif, termasuk kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk berbisnis. Bagi pemegang merek, ajang ini menjadi sebuah kesempatan untuk lebih mendekatkan diri kepada pelanggan maupun calon konsumen.

Mitsubishi

Salah satu booth kendaraan komersial yang patut disambangi adalah milik Mitsubishi Fuso yang berada di bawah naungan PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB). Selain memamerkan sederet truk andalannya, Mitsubishi juga memajang truk konsep yang diberi nama “The Super Great V Spider”.

Kendaraan ini menjadi pusat per­hatian pengunjung lantaran bentuknya yang berbeda dari truk pada umumnya. Kehadiran truk ini semakin memperkuat tema Mitsubishi Fuso pada ajang kali ini, yakni “Absolute Professional” atau profesional yang sesungguhnya.

Truk yang didominasi dengan warna merah dan hitam tersebut seolah me­miliki 4 tangan yang siap menjalankan tugas masing-masing. Multifungsi. Itulah yang ingin ditunjukkan pihak Mitsubishi Fuso terhadap truk konsep tersebut.

“Dilengkapi dengan beragam tangan derek, Spider merefleksikan kesan multi­fungsi, andal, dan bertenaga. Ini menunjukkan profesionalisme Mitsubishi Fuso,” ujar President Director of KTB Atsushi Kurita.

Truk Fighter dan Colt Diesel juga turut ditampilkan pada ajang bergengsi ini. Fighter merupakan truk yang masuk di segmen medium yang menggunakan mesin commonrail. Kendaraan ini di­per­untukkan bagi beragam sektor bisnis, di antaranya bidang logistik, perkebunan, pertambangan, dan infrastruktur. Se­mentara itu, Colt Diesel yang terpajang apik adalah Colt Diesel yang telah meng­alami sejumlah penyegaran, baik di sisi interior maupun eksterior.

Dengan penampilan-penampilan tersebut, tak berlebihan apabila hall 3 ICE, BSD, patut disambangi pada akhir pekan ini. Belum lagi ditambah merek-merek kendaraan komersial lainnya yang tak kalah menggoda. Hino, misalnya.

Hino

Melalui PT Hino Motors Sales Indo­nesia (HMSI), Hino menampilkan beberapa jenis truk dan bus. Di booth berkonsep Jepang ini, pengunjung juga bisa melihat truk Hino Dakar Rally yang masuk pada keluarga Hino Ranger.

Di booth itu terdapat 3 tipe Hino Dutro, di antaranya Hino New Dutro 130 HDL yang hadir dengan sistem pe­ngereman terbaru, serta penambahan di­mensi pada brake lining. Dalam balutan bodi boks, kendaraan ini andal dalam bisnis transportasi logistik. Dimensi rangka lebih panjang membuat volume angkut pada truk ini menjadi lebih besar.

Kedua adalah New Dutro 130 HD dalam bodi dump. Kendaraan ini di­leng­kapi dengan transmisi model baru yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menghasilkan akselerasi lebih baik, serta kemampuan yang andal di medan menanjak.

Hino Dutro ketiga adalah Hino Dutro 110 SD dalam bentuk mobile service se­bagai salah satu bentuk layanan total kepada pelanggan. Hino Dutro mobile service ini mampu menjangkau kendaraan Hino untuk servis atau perbaikan di lokasi ken­daraan tersebut berada.

Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo berharap ajang ini dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha dalam memilih kendaraan komersial. “Sesuai tema kami di GIIAS kali ini, ‘Trucks and buses that do more, be connected to customer’s future’. Hino ingin memberikan nilai lebih bagi para pengusaha, salah satu­nya melalui promosi ini. Kami ingin para pengunjung GIIAS dapat dengan mudah membeli Hino Dutro di sini.”

Isuzu

Merek kendaraan komersial lainnya yang tak kalah menarik adalah Isuzu. Mengusung tema “Always Next to You”, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku agen pemegang merek Isuzu di Indonesia menampilkan beragam produk andalannya, mulai dari truk pikap hingga medium truk. Isuzu mu-X dan Isuzu D-Max yang masuk ke segmen mobil penumpang juga turut dihadirkan.

Di segmen kendaraan komersial, Isuzu menghadirkan Isuzu Elf NMR 81 yang merupakan truk ringan 6 roda dengan mesin commonrail pertama di kelasnya. Juga Isuzu GIGA FVR 34 U (4×2) yang masuk ke segmen truk medium dengan mesin commonrail yang memiliki dimensi terpanjang di kelasnya.

 

Isuzu Traga dan Isuzu Elf NLR 55 BLX juga turut melengkapi jajaran kendaraan komersial Isuzu. Yang tak kalah menarik, pengunjung juga bisa mencermati Isuzu NQR dalam wujud bis sekolah. Bus me­dium ini dirancang menggunakan brake booster sehingga penumpang semakin aman dan nyaman.

UD Truck juga turut ambil bagian dalam ajang tahunan ini, di antaranya dengan memamerkan Quester CKE250 WB6000 yang dilengkapi dengan boks pendingin. CQE280 WB5800 dengan fitur boogie lift dan sasis fleksibel juga turut menghiasi booth UD Truck.

Selain memamerkan produk-produk andalannya, UD Truck meluncurkan produk Kuzer RKE150 WB3850 dan WB3350 yang dilengkapi mesin common­rail. Truk itu memiliki fitur cruise control yang membantu pengemudi menjaga ke­cepatan tanpa harus menginjak pedal gas.

Faw

Tak hanya merek-merek asal Jepang, kendaraan komersial asal China dan India juga turut meramaikan ajang ini. Faw, misal­nya, mengusung tema “Beyond Expectation”, merek truk asal China ini mem­­perkenalkan produk terbarunya, Faw Light Truck 4×4/130HP dan Faw Tractor Head 6×4/350 HP. Faw juga me­­man­faat­­kan kesempatan ini sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri ke­­pada pe­langgan, di antaranya dengan mem­­berikan beragam informasi terkait spe­si­fikasi produk, layanan, serta suku cadang.

Tata Motors

Tata Motors, merek asal India ini me­manfaatkan pameran dengan me­luncurkan produk barunya melalui PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI). Tata Motors memperkenalkan Tata Prima 3338.K yang merupakan truk 8×4 yang dapat digunakan untuk bidan konstruksi, tambang, dan logistik.

Truk medium tersebut diklaim telah diuji secara ekstensif guna memastikan standar wilayah di Indonesia dan negara lain, khususnya terkait performa, daya tahan, kapasitas muatan, keselamatan, dan emisi. Jaminan ketersediaan suku cadang juga menjadi fokus bagi Tata Motors untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

Penasaran ingin melihat kendaraan-kendaraan komersial tersebut? Man­faat­kan akhir pekan ini dengan berkunjung ke GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang. [BYU]

Foto-foto : Iklan Kompas/ Adi Yuwono, Hubertus Iwan.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 11 Agustus 2018.