Mobil matik cukup nyaman dikendarai. Namun, kita sering lupa melakukan perawatan sendiri untuk hal-hal yang sederhana. Jika tiba-tiba mobil matik mogok di jalan, jangan panik.

Menurut praktisi mobil matik, Hermas Efendi, yang menulis di www.kompasmatic.com,  langkah pertama yang harus dilakukan saat mobil matik mogok adalah menepikan mobil tersebut. Caranya, geser tuas transmisi ke posisi N (netral), lalu dorong mobil berlahan-lahan.

Setelah mobil berada di posisi aman, coba lihat di bawah kolong mobil, apakah ada jejak oli matik tercecer. Oli matik biasanya berwarna merah, jadi mudah dibedakan dengan oli mesin. Lihat juga kolong mesin, tepatnya di bawah transmisi otomatis. Untuk mobil matik berpenggerak roda belakang, posisi transmisi otomatis biasanya di belakang mesin.

Amati bagian bawah unit transmisi matik itu, apakah ada bekas kebocoran oli. Lihat pula pipa/selang pendingin oli matik yang terhubung ke radiator. Ada dua selang di sana. Apakah ada tanda-tanda kebocoran? Apakah kondisi selang rusak, pecah, atau sambungan selang lepas atau bocor? Perhatikan dengan cermat.

Cek kelistrikan

Coba putar kunci kontak pada posisi On, tetapi jangan menyalakan mesin. Perhatikan, apakah semua lampu indikator pada panel instrumen menyala. Khusus untuk lampu indikator Check Engine/MIL, biasanya ketika kunci kontak diputar ke posisi On akan menyala beberapa saat, sebelum mati kembali.

Sebelum kita memutuskan untuk menyalakan mesin mobil, pastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran oli matik. Kalau kita menemukan ada kebocoran oli matik, jangan menyalakan mesin mobil. Alasannya, ketika mesin dihidupkan, putaran mesin langsung diteruskan ke input shaft transmisi otomatis. Putaran as (input shaft) tanpa dukungan oli matik dapat merusak komponen dalam transmisi otomatis, antara lain as (shaft), bearing, bantalan (bushing), kopling searah (one way clutch), dan karet seal.

Kegagalan fungsi kelistrikan

Dalam kondisi mesin mati atau hidup, ketika kunci kontak ada di posisi On, periksa lampu indikator transmisi otomatis pada panel instrumen. Ketika tuas ada di posisi P, R, N, D, 2, L, misalnya, apakah lampu indikator pada tiap pilihan pengoperasian itu menyala.

Coba pula untuk posisi yang lain. Kalau tersedia, mode pengoperasian economic, normal, atau power, apakah masih menyala. Bagaimana dengan nyala lampu indikator overdrive/OD Off? Kalau lampu indikator tidak menyala untuk salah satu/sebagian atau seluruhnya, bisa disimpulkan terjadi kegagalan fungsi kelistrikan. Sebaiknya, segera hubungi teknisi/bengkel mobil matik. [*/TYS]

noted: Jika Mobil Matik Mogok