Ada pepatah “jangan menilai buku dari sampulnya”. Namun, ini sepertinya tidak berlaku bagi mobil. Cat atau kondisi eksterior mobil menggambarkan pemiliknya. Jika cat mobil ingin selalu terlihat bagus dan mulus, tentu saja harus dirawat.

Cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, kadang panas, kadang hujan, bisa memengaruhi penampilan cat mobil. Misalnya, merusak lapisan dan menimbulkan bercak jamur pada cat mobil. Merawat cat mobil bukan berarti harus bolak-balik ke bengkel. Ada beberapa cara praktis yang dapat kamu lakukan sendiri agar cat mobil tidak cepat terlihat pudar.

Parkir di tempat teduh

Hal yang paling mudah untuk dilakukan, yaitu mencegah agar cat mobil tidak terkena langsung paparan sinar matahari dan air hujan. Caranya, parkirlah mobil di tempat yang teduh. Misalnya, di dalam garasi atau carport berkanopi jika kamu akan parkir dalam waktu yang lama. Selain itu, jika tak tersedia garasi atau carport berkanopi, kamu juga bisa menggunakan sarung mobil untuk melindungi kendaraan.

Gunakan sampo

Selain tempat parkir, saat mencuci mobil, sebaiknya kamu juga menggunakan sampo atau sabun khusus karena pembersih mobil ini memiliki kadar yang telah disesuaikan untuk merawat cat atau eksterior. Cucilah mobil secara teratur untuk mencegah menempelnya kotoran terlalu lama yang dapat mengurangi kilau cat mobil kamu. Cuci mobil bisa dilakukan minimal seminggu sekali saat musim kemarau.

Jika tersiram hujan, segera bilas dengan air bersih lalu keringkan. Saat mengeringkan mobil, hal-hal kecil juga harus diperhatikan. Misalnya, mengelap dengan teknik searah jarum jam atau memutar dari kiri ke kanan.

Poleskan kompon atau wax

Dengan kesibukan dan rutinitas yang padat, mungkin kamu tidak mempunyai waktu untuk merawat mobil. Akibatnya tanpa disadari, telah terdapat goresan-goresan kecil pada cat mobil. Jangan khawatir, goresan kecil itu bisa dihilangkan tanpa harus ke bengkel untuk mengecat ulang mobilmu.

Untuk mengatasi goresan-goresan kecil itu, cobalah cara ini. Poleslah bagian goresan dengan kompon menggunakan alat pemoles permukaan cat. Kemudian, lapisi cat mobilmu dengan wax agar terlindung dari paparan sinar matahari dan polutan lain.

Perhatikan, saat menggunakan wax atau kompon, jangan memoles sekaligus pada seluruh bodi mobil karena daya tekan akan berkurang ketika kamu lelah. Ini dapat menyebabkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan.

Setelah bodi mobil dipoles, diamkan hingga wax kering. Kemudian gunakan lap dari bahan yang halus untuk mengangkat atau membersihkan wax atau kompon yang menempel. Untuk finishing, gunakan kain microfiber saat mengelap keseluruhan bodi mobil. Jangan lupa, lakukan kegiatan perawatan ini secara berkala.

Nah, enggak terlalu sulit, bukan? Mumpung lagi bekerja dari rumah, kamu bisa merawat mobilmu secara teratur. [*]