Karena budget, brand image, hobi, atau alasan lainnya, orang memilih membeli mobil lawas atau mobil tua, daripada yang gres.

Bila Anda salah satunya, perhatikan hal-hal di bawah ini saat merawat mobil tua tersebut agar tidak kalah memikat dibandingkan mobil-mobil baru yang berseliweran di jalan raya.

1. Servis berkala

Sama seperti kendaraan lainnya, mobil tua juga harus diservis secara berkala. Jangan lupa, gunakan pelumas sesuai anjuran bengkel. Biasanya mekanik menyarankan agar mobil yang sudah berumur menggunakan pelumas mesin dengan viskositas kental agar tidak merusak mesin dan ruang bakar. Periksa pula bagian kaki-kaki agar kenyamanan tetap terpelihara.

2. Bergabung dalam komunitas

Bergabunglah dalam komunitas otomotif. Forum tersebut biasanya dijadikan sarana pemilik mobil lawas untuk bertukar pikiran, baik tentang suku cadang, modifikasi, maupun rekomendasi bengkel yang biasa menangani mobil-mobil lawas.

3. Manfaatkan internet

Selain bergabung dengan komunitas, Anda bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan komponen-komponen kendaraan. Membeli komponen secara daring sudah jamak dilakukan oleh pemilik mobil. Namun, pastikan situs web yang Anda kunjungi merupakan situs resmi yang dapat dipercaya. Bandingkan toko daring yang satu dengan lainnya untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

4. Datangi bengkel “body repair”

Bengkel perbaikan bodi kendaraan (body repair) menjadi salah satu jenis bengkel yang sering dikunjungi para pemilik kendaraan lawas. Bila mobil yang sudah berumur tersebut memiliki cat kusam atau terdapat baret dan penyok, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel body repair tepercaya agar segera ditangani. Bengkel yang khusus menangani interior juga bisa dijadikan alternatif apabila kabin sudah mulai kusam dan membosankan.

5. Kunjungi bursa otomotif

Bursa otomotif juga bisa dijadikan sarana untuk memanjakan mobil tua Anda. Biasanya pada gelaran tersebut dijual komponen-komponen kendaraan lawas. Bahkan, komponen yang sulit didapatkan di toko onderdil kendaraan pun sering kali dapat kita jumpai pada ajang tersebut.