Mengolah makanan dengan cara memanggang menggunakan microwave merupakan salah satu cara tepat untuk mendapatkan hidangan yang sehat. Agar bahan makanan yang dipanggang dengan microwave tersebut nantinya menghasilkan menu lezat dan sehat, perhatikan lima hal di bawah ini.

1. Atur sesuai bentuknya

Sebelum mulai memanggang, aturlah letak bahan makanan yang hendak dipanggang sesuai bentuknya. Usahakan agar makanan yang lebih tebal berada pada bagian terluar wadah. Namun, jika bahan-bahan makanan yang ingin dipanggang memiliki ketebalan yang relatif sama, letakkan secara melingkar dan biarkan bagian tengah wadah kosong.

2. Putar wadah

Agar tingkat kematangan merata, untuk sejumlah jenis makanan, perlu dilakukan perputaran wadah atau membalik bahan makanan tersebut. Gunakan sarung tangan tebal atau tahan panas saat memegang wadah atau hendak membalikkan bahan makanan. Perhatikan pula lamanya pemanggangan agar makanan matang sempurna dan lezat.

3. Perhatikan ukuran wadah

Tak kalah penting, perhatikan ukuran wadah makanan. Terlebih jika bahan makanan tersebut mengembang ketika sudah matang, misalnya bahan makanan mengandung sereal, selai, atau susu cair. Wadah yang kurang besar dapat berisiko makanan meluap keluar.

4. Hindari wadah berbahan besi

Dalam memanggang, tidak boleh menggunakan wadah makanan berbahan besi. Hal ini karena gelombang mikro yang dihasilkan oleh microwave tidak mampu menembus logam, bahkan dapat memicu percikan api. Biasakan menggunakan wadah makanan berlogo khusus yang aman digunakan pada microwave.

5. Kenali karakter bahan makanan

Tak kalah penting, kenali karakter bahan makanan yang hendak dipanggang. Misalnya, ketika ingin memanggang daging, hendaknya daging tersebut dilapisi dengan aluminium foil terlebih dahulu. Selain itu, bila ingin memasak sayur dengan dipanggang, hendaknya menggunakan wadah khusus.