Otomotif merupakan industri yang harus diakselerasi guna menggerakkan perekonomian sekaligus memberi nilai tambah ekonomi lokal. Sektor yang melibatkan industri hulu hingga hilir ini juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan ekspor.

Hal tersebut dikemukakan Presiden Joko Widodo saat pembukaan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 di lingkungan Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/4/2021).

“Industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian kita yang harus segera kita akselerasi. Karena di sini banyak keterlibatan pelaku usah dalam negeri, dari mulai hulu sampai hilir yang harus ditingkatkan,” ujar Jokowi.

Presiden juga menekankan, keterlibatan industri usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) dalam rantai pasok harus terus ditingkatkan dan nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri juga harus menjadi prioritas. Dan yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Para pelaku industri otomotif dan pemangku kepentingan lainnya juga diajak untuk terus bertransformasi menuju teknologi hijau yang ke depannya menjadi ekonomi hijau. Hal tersebut karena Indonesia memiliki potensi besar pada sektor ini.

“Demikian juga dengan pengembangan industri mobil listrik, harus dipercepat. Dan, kita harapkan menjadi salah satu industri unggulan negara kita, Indonesia. Industri otomotif menjadi prioritas untuk terus ditumbuhkan investasinya,” tegas Jokowi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai ekspor dan impor Indonesia pada triwulan I-2021 membuahkan angka positif dibandingkan periode sama tahun lalu. Pada Januari–Maret 2021 nilai total ekspor mencapai 48,9 miliar dollar AS (naik 17,1 persen) dan total impor mencapai 43,3 miliar dollar AS (naik 10,7 persen).

Kolaborasi

Pengunjung melihat kendaraan yang ditampilkan di stan Toyota saat pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021). Setelah absen pada tahun lalu dan berkutat dengan kegiatan virtual, IIMS 2021 akhirnya digelar kembali pada 15-25 April 2021. Kapasitas pengunjung yang hadir dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas normal atau hanya 500 orang dari kapasitas 2.000 pengunjung.
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir secara langsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4), mengatakan, IIMS Hybrid ini merupakan langkah strategis meningkatkan sektor pariwisata Indonesia dengan mengolaborasikan dunia otomitif dan pariwisata.

“Penyelenggaraan IIMS Hybrid 2021 merupakan salah satu bentuk destinasi pariwisata. Di mana dalam setiap penyelenggaraan event pada masa pandemi, penyelenggara harus terpacu untuk menyimulasikan protokol kesehatan,” ujar Sandiaga.

Sandiaga berharap agar sektor pariwisata semakin menggeliat dengan menerapkan konsep personalized, customized, localized, dan smaller size. “Kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melihat pada masa pandemi, ekonomi kreatif lokal Indonesia dapat mengalami peningkatan. Salah satunya melalui touring untuk pengembangan wisata otomotif ke depannya.”

Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 diselenggarakan dengan konsep hibrida, yaitu secara daring dan luring. Pameran otomotif berskala internasional ini digelar pada 15–25 April 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dengan penerapan protokol kesehatan ketat.