Hari Minggu (28/3/2021), lomba perdana MotoGP musim 2021 kembali bergulir di Sirkuit Losail, Qatar. Setelah tahun lalu hanya mempertandingkan kelas Moto 2 dan Moto 3, Sirkuit Losail siap menggelar kelas paling bergengsi MotoGP dalam Barwa Grand Prix of Qatar 2021. Sebanyak 22 pebalap akan beradu cepat untuk menaiki podium di Sirkuit Losail pada gelaran tahun ini. Masih ada nama Valentino Rossi, pebalap aktif yang masih menjadi pemegang rekor pemenang terbanyak di Sirkuit Losail. Menarik ditunggu juga kiprah juara dunia tahun lalu, Joan Mir, pada awal balapan musim 2021. Berikut ini, fakta-fakta menarik seputar sirkuit yang pertama kali menggelar balapan MotoGP pada tahun 2004.

 5,4 kilometer

Mulai dibangun pada Oktober 2003, Sirkuit Losail sudah bisa digunakan dalam waktu kurang dari setahun, yaitu September 2004. Terbentang 5,4 kilometer, sirkuit ini memiliki lebar 12 meter dengan 10 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri. Sirkuit Losail juga mempunyai lintasan lurus yang menantang sepanjang 1.068 meter.

Balapan malam hari

Sirkuit Losail, Qatar, memegang rekor sebagai penyelenggara pertama kali balapan MotoGP pada malam hari. Pada awalnya, tahun 2004 hingga 2007, balapan digelar pada siang hari. Namun, dengan rata-rata temperatur lintasan yang bisa mencapai 45,5 derajat celsius, mulai 2008, balapan digeser menjadi malam hari.

Rekor pebalap MotoGP di Sirkuit Losail

Sete Gibernau menjadi pebalap pertama yang menjuarai seri MotoGP Qatar yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada September 2004. Namun, Valentino Rossi dan Casey Stoner masih memegang rekor pemenang terbanyak di Sirkuit Losail dengan 4 kali meraih podium pertama. Nama pebalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo, ada di urutan ketiga juara terbanyak dengan 3 kali juara di Sirkuit Losail. Stoner bersama Lorenzo juga masih memegang rekor sebagai pebalap dengan pole position terbanyak dengan 4 kali memulai balapan di urutan terdepan.

Fakta-fakta Menarik Sirkuit Losail, Qatar