Pebalap asal Perancis Fabio Quartaro berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP musim 2021 setelah finis di posisi keempat pada seri Emilia Romagna di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (24/10/2021). Hingga balapan di Misano, pebalap kelahiran Nice, Perancis, 20 April 1999, tersebut mengumpulkan 267 poin, unggul 65 poin dari pesaing terdekatnya, Francesco Bagnaia yang pada balapan kali ini gagal finis. Berikut ini, beberapa fakta menarik seputar pebalap yang memiliki julukan “El Diablo”.

Tampil trengginas

Pada musim ini, Fabio Quartarto tampil lebih trengginas. Hingga seri Emilia Romagna, Quartaro berhasil meraih 10 podium, dengan rincian 5 kali podium pertama, 2 kali podium kedua, dan 3 kali podium ketiga. Meski demikian, beberapa kali juga Quartararo terlempar dari posisi 3 besar, seperti di Barwa Grand Prix Of Qatar, Gran Premio Red Bull De España, Gran Premi Monster Energy De Catalunya, Bitci Motorrad Grand Prix Von Österreich, dan Gp Octo Di San Marino E Della Riviera Di Rimini. Bahkan, Gran Premio Red Bull De España di Sirkuit Jerez menjadi raihan terburuk Quartararo sejauh ini dengan hanya berhasil finis di urutan ke-13.

Pebalap Perancis pertama yang menjadi juara dunia

Meski tidak sebanyak Italia dan Spanyol, Perancis juga memiliki pebalap-pebalap yang punya karier mengesankan di arena MotoGP. Nama-nama seperti Olivier Jacque, Regis Laconi, Sylvain Guintoli, Randy de Puniet, Johann Zarco, dan Loris Baz pernah membalap di kelas utama MotoGP, tetapi baru Fabio Quartararo yang berhasil menjadi juara dunia pada 2021.

Julukan El Diablo

Fabio Quartaro memiliki julukan “El Diablo” atau “Si Iblis”. Julukan tersebut didapatkan Quartararo jauh sebelum membalap di arena MotoGP. Hal ini bermula pada saat tampil di kejuaraan CEV Moto3 pada 2013 dan 2014, Quartararo sering mengenakan helm dengan gambar iblis. Berkat performa yang menakutkan di lintasan balap dan helm bergambar iblis tersebut, julukan “El Diablo” melekat pada Quartararo hingga saat ini.

Fabio Quartararo, Juara Dunia MotoGP 2021
Pebalap asal Perancis Fabio Quartaro berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP musim 2021 setelah finis di posisi keempat pada seri Emilia Romagna di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (24/10/2021)

 

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Sirkuit Misano

Fakta-fakta Menarik Sirkuit Aragon

Fakta-Fakta Menarik Sirkuit Silverstone

Pebalap Bersaudara yang Pernah Berkiprah Bareng di MotoGP