Kampanye konsep Bijak Garam yang saat ini gencar dilakukan merupakan salah satu aktivitas guna mendorong penerapan gaya hidup sehat masyarakat Indonesia dan membantu memperpanjang harapan hidup sehat.

Salah satu perusahaan penyedap rasa pun bahkan melaksanakan Seminar Food Service di Prodi Hotel Manajemen Binus University, pada 21 November 2024, bertempat di Restaurant Laboratory Kampus Anggrek, Jakarta Barat.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung calon pengusaha kuliner Indonesia dalam menciptakan aneka kreasi produk yang lebih sehat dan menguntungkan (profitable), dengan memberikan fakta informatif seputar MSG, konsep Bijak Garam, serta beberapa inspirasi menu menarik yang dapat diimplementasikan pada bisnis kuliner.

Dalam Seminar Food Service ini, para mahasiswa/i Binus University Prodi Hotel Manajemen diberikan pemahaman mengenai keunggulan dari produk-produk penyedap rasa yang banyak digunakan pada industri food service, serta berbagai inspirasi menu comfort food yang memenuhi pedoman gizi seimbang dan profitable untuk bisnis kuliner di masa depan.

ā€œKali ini, perusahaan kami yang juga memiliki bisnis food service berkolaborasi dengan Binus University untuk memperkenalkan produk-produk kami dengan support sample yang dapat digunakan mahasiswa pada saat praktek memasak di kampus dan memberikan edukasi mengenai bisnis food service. Kami berharap hasil kolaborasi ini dapat memberikan dampak serta nilai yang baik bagi civitas akademik Binus dan Ajinomoto Indonesia,ā€ ungkap Andalina Novyanti, Head of Horeca Dept PT Ajinomoto Indonesia.

Sebagai konsumen yang bijak, kita perlu memperhatikan apa saja makanan maupun minuman yang dikonsumsi agar terhindar dari berbagai penyakit metabolik seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, dan serangan jantung di kemudian hari.

Ini menjadi sangat penting karena teman-teman sebagai orang-orang yang berpotensi menjadi penentu tren kuliner masa depan, yang akan menyajikan berbagai kreasi makanan kepada konsumen. Apa yang saya bagikan kali ini merupakan salah satu upaya dalam menurunkan risiko penyakit metabolik, hipertensi, dengan konsep Bijak Garam.

Setelah sesi edukasi konsep Bijak Garam, diberikan pula sampel menu ā€˜tori no suimonoā€™ (sup ayam khas Jepang) untuk sesi tes rasa. Pada sesi ini, setiap peserta dari mahasiswa Prodi Hotel Manajemen Binus dapat merasakan sekaligus membedakan menu ā€˜tori no suimonoā€™ yang hanya diberikan garam dapur saja, dibandingkan dengan menu ā€˜tori no suimonoā€™ yang dikurangi porsi garamnya dan ditambah sedikit MSG.

Dalam kesempatan ini, turut mengundang Chef Dedes Dwi Ratna Sari – Executive Chef dari Stube Group Jakarta, yang memberikan 5 inspirasi menu comfort food, antara lain beef black pepper popia; beef black pepper wraps; chicken maryland with white sauce; string beans & herbs potato; sushi sandwich with beef maranggi satay, kepada teman-teman mahasiwa Prodi Hotel Manajemen Binus.

Kelima inspirasi menu tersebut merepresentasikan kategori menu asian, western, dan fusion (Japanese-Indonesian). Kegiatan Seminar Food Service ini akan dihadirkan kembali pada Januari 2025 dengan menyasar universitas-universitas yang memiliki Prodi Hotel Manajemen. Tertarik?