Sejak kesuksesan film Dilan: 1990, virus “Dilan” menyebar ke mana-mana. Dimulai dari perayaan Hari Dilan, peresmian Sudut Dilan, hingga gim Dilan bertajuk Dilan Game. Game hasil kolaborasi Agate dengan Ciayo Games dan Pidi Baiq ini diluncurkan bertepatan momen film Dilan: 1991.

Sebagai informasi, Agate, di bawah PT Agate International, adalah perusahaan dan studio pengembang gim yang didirikan pada 2009 dan berbasis di Bandung. Sementara itu, Ciayo Games adalah bagian dari CIAYO Corp, perusahaan induk yang juga membawahi platform komik, CIAYO Comics, dan media online, CIAYO Blog.

Baca juga: Review Dilan 1991(2019): Sederhananya Cinta Remaja

Pidi Baiq sendiri adalah seniman multitalenta yang dikenal para pencinta karya sastra melalui karyanya berjudul Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990 yang terbit pada 2014, Dilan bagian Kedua: Dia adalah Dilanku tahun 1991 yang terbit pada 2015, dan Milea: Suara dari Dilan yang terbit pada 2016.

Prestasi

Secara mengejutkan, satu-satunya game official Dilan yang terdapat di platform Ciayo Stories ini berhasil meraih Top 5 Free All Games, Top Trending All Games, Top Free Simulation, dan #25 Top Grossing Simulation Games di Play Store Google. Bahkan, gim Dilan masuk di feature di Play Store Google.

Tak hanya itu, gim Dilan juga telah diunduh sebanyak 200.000 kali dengan 100.000 pemain yang aktif memainkan gim ini. Deretan prestasi ini dapat dikatakan luar biasa mengingat platform Ciayo Stories yang menjadi “rumah” untuk gim Dilan ini baru saja dirilis selama 2 minggu.

Jalan cerita gim Dilan

Gim Dilan memiliki genre visual novel yang diangkat dari film Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990 dan Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1991, karya Pidi Baiq. Di dalam gim ini, pemain akan berperan sebagai Milea dan akan membuat keputusan dalam memainkan tokoh Milea. Keputusan yang diambil akan memengaruhi jalan cerita hubungan Milea dan Dilan.

Hal menarik dari gim ini yaitu jalinan cerita dan art-nya yang keren. Di dalam gim ini terdapat fitur dress up untuk mengganti dan menyesuaikan pakaian karakter Milea sesuai versi masing-masing.

Baca juga: Captain Marvel (2019): Aksi Dahsyat Perempuan Pahlawan Super

Ilustrasi istimewa

Fitur spesial lainnya yaitu fitur ilustrasi istimewa yang dapat dikoleksi. Ilustrasi istimewa ini bisa didapatkan pemain jika mencapai beberapa adegan tertentu. Setelah itu, pemain bisa menentukan pilihan yang dapat menyebabkan penambahan poin afeksi yang besar dari Dilan.

Setelah mendapatkan poin afeksi, ilustrasi istimewa akan secara otomatis ditambahkan ke album pemain. Pada gim ini juga terdapat musik latar khas film seri Dilan yang dapat membawa kita lebih menikmati gim ini.

Foto-foto: https://play.google.com

Leave a Response