Baterai ponsel pintar (smartphone) Anda sering habis? Padahal, kapasitas baterai Anda sudah besar. Hmm, berarti ada pengaturan yang mungkin belum dimengerti sehingga menyebabkan baterai menjadi boros. Cara menghemat baterai yang biasa para pengguna lakukan adalah menghentikan beberapa aplikasi. Namun, ternyata tidak hanya cara itu yang bisa dilakukan agar smartphone Anda tidak lekas habis.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghemat baterai ponsel Anda.

1. Turunkan tingkat kecerahan (brightness)

cara menghemat baterai
Ilustrasi brightness pada ponsel. (Shutterstock)

Terang atau tidaknya cahaya layar ponsel sangat memengaruhi konsumsi daya smartphone. Semakin cerah layar ponsel, daya baterai akan semakin besar yang digunakan. Atur sendiri sesuai kebutuhan dan jika siang hari aturlah menjadi lebih gelap.

Beberapa orang memilih menggunakan fitur otomatis yang mengatur tingkat kecerahan ponsel. Hal tersebut juga akan menguras baterai lebih cepat ketimbang mengatur secara manual.

2. Matikan sinyal radio tidak penting

cara menghemat baterai
Ilustrasi sinyal ponsel. (Shutterstock)

Smartphone memang punya kelebihan multitasking, tetapi sebaiknya memang diatur penggunaannya. Salah satunya adalah mematikan sinyal radio saat tidak digunakan. Yang dimaksud dengan sinyal radio ponsel, seperti NFC, GPS, Wi-Fi, dan lainnya.

Fitur itu memang penting, tetapi hanya saat diperlukan. Banyak orang sering lupa mematikannya. Oleh karena itu, sebaiknya nyalakan saja saat dibutuhkan.

3. Jangan gunakan widgets atau live wallpapers

cara menghemat baterai
Ilustrasi live wallpaper ponsel. (Shutterstock)

Wallpaper bergerak di ponsel memang sangat menarik dan bagus, tetapi hal itu justru menyebabkan konsumsi daya begitu besar karena prosesor harus bekerja terus-menerus dan ekstra.

Begitu juga dengan penggunaan widgets yang terus menerus membutuhkan update via sambungan internet. Minimalisasikan penggunaan itu, ponsel Anda akan bertahan lebih lama.

4. Matikan mode getar

cara menghemat baterai
Ilustrasi getar ponsel. (Shutterstock)

Mode getar memang menjadi favorit pengguna saat ini karena sekarang orang lebih baik tidak menggunakan mode suara untuk memberitahukan ada panggilan atau notifikasi. Vibrasi memang membutuhkan daya lebih banyak ketimbang mode suara.

5. Matikan notifikasi yang tidak penting

cara menghemat baterai
Ilustrasi notifikasi ponsel. (Shutterstock)

Beberapa orang tidak begitu memedulikan soal notifikasi yang masuk. Dari notifikasi pesan, e-mail, hingga notifikasi tidak penting misalnya notifikasi gim atau berita. Namun, tahukah Anda kalau notifikasi yang masuk itu justru bisa menguras baterai jika tidak diatur.

Oleh karena itu, matikan beberapa notifikasi aplikasi yang tidak dibutuhkan. Anda bisa masuk ke menu “Pengaturan/setting” dan pergi ke menu “App notification” atau yang serupa.

6. Jaga temperatur ponsel tetap dingin

cara menghemat baterai
Ilustrasi temperatur. (Shutterstock)

Kita pasti kerap merasakan ponsel menjadi semakin hangat, apalagi jika berada di bawah sinar matahari. Hal itu membuat baterai cepat terkuras habis. Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari langsung atau tempat yang membuat ponsel menjadi panas.

Fungsi baterai akan menjadi lebih maksimal dan hemat jika digunakan di suhu yang normal atau tidak panas.

1 Comment

Leave a Response