Dalam waktu dekat, anak-anak akan bersiap masuk sekolah saat new normal. Tentu, kamu sebagai orangtua harus mempersiapkan anak hadapi new normal di sekolah.

Rasa khawatir jelas terlintas, terutama bagi orangtua yang anaknya harus berkegiatan di luar rumah. Anda harus mempersiapkan kondisi ketika anggota keluarga atau putra dan putri Anda harus berkegiatan di luar rumah.

Berikut ini, sejumlah hal yang harus mulai dipersiapkan ketika putra dan putri Anda nantinya masuk sekolah atau berkegiatan di luar rumah.

1. Menggunakan masker

membiasakan anak menggunakan masker

Biasakan putra dan putri Anda menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Masker yang digunakan pun sebaiknya memiliki 2 sisi dengan warna yang berbeda sehingga mereka bisa membedakan mana sisi bagian luar dan dalam.

Pastikan pula ukuran masker tepat dan pas di wajah sehingga mereka tidak perlu berulang kali membetulkan posisi masker di wajah. Hal ini sangat penting untuk menghindari mereka berulang kali menyentuh wajah untuk sekadar membetulkan masker. Begitu pula saat membuka masker, pastikan mereka tidak menyentuh bagian depan yang mungkin saja telah terkontaminasi.

2. Sering mencuci tangan

membiasakan anak cuci tangan

Hal ini mungkin saja terkesan klise dan biasa. Namun, pastikan agar mereka senantiasa mencuci tangan, terutama setelah beraktivitas atau menyentuh benda-benda yang kemungkinan besar disentuh banyak orang.

Bila kondisi tidak memungkinkan mereka mencuci tangan sesering mungkin, pastikan Anda telah membekali cairan disinfektan atau hand sanitizer dalam tas mereka. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk tidak selalu mencuci atau membersihkan tangan.

3. Jangan menyentuh wajah

Biasakan untuk tidak menyentuh wajah secara langsung dalam kondisi apa pun. Tidak ada yang pernah tahu apa yang ada di dalam tangannya. Jikapun terpaksa harus menyentuh wajah atau menyapu keringat, cucilah terlebih dahulu tangan dengan sabun dan air mengalir lalu gunakan sapu tangan pribadi untuk mengeringkan keringat tersebut. Setelah itu, lakukan kembali ritual mencuci tangan.

4. Bawa bekal dari rumah

membawakan anak bekal saat sekolah

Tidak ada salahnya jika selama pandemi Covid-19 ini belum tuntas Anda dan putra-putri membawa bekal makanan berikut perangkat makannya dari rumah. Selain lebih hemat, Anda yakin dengan higienitasnya.

Maklum saja, pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, ada banyak risiko yang bisa terjadi, termasuk urusan makanan. Dengan membawa makanan sendiri dari rumah, risiko tertular dari uang kembalian yang terkontaminasi juga tidak akan ada.

5.Olahraga dan konsumsi suplemen untuk imun

Daya tahan tubuh seseorang memiliki dampak yang besar terhadap serangan virus pada tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda membiasakan diri untuk senantiasa berolahraga dan bila perlu mengonsumsi suplemen untuk mendongkrak imunitas tubuh.

Tips di atas adalah sejumlah cara yang dapat diupayakan untuk mengurangi risiko terdampak virus. Meski demikian, jika tidak terlalu perlu benar untuk beraktivitas di luar rumah, ada baiknya tetap berada di rumah sampai pandemi Covid-19 ini benar-benar berakhir. Ingat, kesehatan dan keselamatan adalah yang utama. [AYA]

Leave a Response