Biasanya, kalau ingin berkomunikasi melalui aplikasi Whatsapp, kita harus menambahkan nomor orang yang hendak dihubungi ke dalam daftar kontak di ponsel. Namun, ternyata, ada cara kirim pesan melalui Whatsapp tanpa harus menyimpan nomor kontaknya.

Mengutip dari Android Police, ada tiga cara agar hal tersebut bisa dilakukan.

1. Menggunakan tautan Wa.me

Cara ini memang direkomendasikan oleh Whatsapp dan ada di dalam FAQ aplikasi. Untuk menggunakan cara ini, Anda cukup membuka browser di ponsel dan masukkan wa.me. Setelah itu lanjutkan dengan mengetik nomor telepon yang dituju. Contohnya, https://wa,me/1234567890. Lalu, tekan enter dan Anda bisa langsung mengirimkan pesan.

2. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Kurang mengerti atau merasa repot menggunakan cara di atas? Jangan khawatir, karena App Store dan Google Play memiliki aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna melakukan metode ini.

Aplikasi yang bisa digunakan contohnya Click to Chat pada Android. Caranya mudah, cukup masukkan kode negara beserta nomor telepon, dan diikuti menuliskan pesannya.

3. Trik aplikasi

Ada trik yang cukup mudah, tetapi sayangnya hanya berlaku untuk sistem operasi Android 9 Pie dan Android 10 serta hanya berlaku untuk ponsel Pixel dan Android One. Caranya, masukkan nomor tujuan ke address bar pada Google (bukan pada aplikasi Chrome).

Kemudian, tekan nomor itu lebih lama dari biasanya. Setelah itu akan muncul opsi baru untuk menghubungi nomor tersebut. Anda bisa memilih aplikasi Whatsapp. Dan, selamat berkirim pesan.

Foto: Shutterstock.com

Leave a Response