Pameran otomotif mendapat perhatian tersendiri di mata masyarakat, terlebih para pencinta kendaraan bermotor. Selain dapat melihat langsung teknologi terkini kendaraan roda dua, pameran berskala internasional sering dijadikan ajang hiburan oleh masyarakat.

Indonesia Motorcycle Show (Imos) 2016 menjadi pameran otomotif roda dua yang ditunggu-tunggu masyarakat. Pameran bertajuk”Teknologi untuk Kehidupan Lebih Baik” ini menyuguhkan beragam perkembangan teknologi roda dua, yang tecermin melalui sepeda motor terbaru. Tak hanya itu, pengunjung juga disajikan sederet acara dalam dan luar ruang yang dapat dijadikan hiburan di akhir pekan.

Pada pameran yang digelar pada 2-6 November di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Suzuki melakukan hal fantastis, yakni memperkenalkan produk barunya, Suzuki GSX-R 150 dan GSX-S150. Di pameran ini, merek asal Jepang tersebut memperkenalkan untuk pertama kalinya di dunia, sepeda motor sport yang stylish, ringan, dan kompak.

Indonesia juga dipilih sebagai basis produksi kedua jenis motor sport tersebut untuk diekspor ke sejumlah negara. Pada kesempatan ini, pengunjung bisa melihat langsung produk tersebut sebelum peluncuran resmi dan periode penjualan yang akan dilakukan pada semester pertama 2017.

Foto: Antonius SP
Foto: Antonius SP

“Penampilan perdana Suzuki GSX-R 150 dan GSX-S 150 pada ajang ini dapat dimanfaatkan bagi publik Indonesia untuk mengenal model terbaru Suzuki lebih awal secara langsung, sebelum kami luncurkan secara resmi pada tahun depan,” ujar Group Manager ASEAN Marketing Suzuki Motor Corporation Kazumasa Watanabe.

Sementara itu, Managing Director 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Seiji Itayama berharap, produk ini bisa diterima masyarakat Indonesia. “Suzuki menjadikan Indonesia sebagai basis produksi model tersebut. Suzuki yakin, produk terbaru ini akan diterima publik dengan sangat baik, dan siap menjadi idola baru di Indonesia hingga masa depan.”

Konsep

Anggota Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) lainnya seperti TVS juga melakukan hal serupa. Melalui PT TVS Motor Company Indonesia, TVS yang mengusung tema booth “Uncover The Racer In You” memamerkan 6 model sepeda motor. Di antaranya motor konsep Akula 310 yang mengundang rasa penasaran pengunjung dan awak media. Sepeda motor dengan kapasitas mesin 300 cc ini rencananya akan diproduksi di Cikarang, Jawa Barat.

“Imos 2016 merupakan sarana yang sangat efektif dalam memperkenalkan keunggulan produk dan merek TVS. Kami berharap kehadiran produk TVS akan ditunggu oleh masyarakat Jabodetabek khususnya pencinta otomotif di Indonesia,” ujar  Presiden Direktur PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) V Thiyagarajan.

Foto: Antonius SP
Foto: Antonius SP

Merek asal Jepang lainnya, Kawasaki, juga menghadirkan produk andalan, Kawasaki Ninja 650, yang memiliki desain lebih sporty. Motor sport ini dibekali mesin berkapasitas 649 cc yang mampu menyemburkan tenaga 68 PS pada 8.000 rpm dan torsi 65,7 Nm pada 6.500 rpm. Kawasaki juga menampilkan produk lainnya, seperti Classic Series, Off Road Series, dan Adventure Series.

“Kawasaki sudah dikenal sebagai brand premium dengan kehadiran awal Ninja 250R dan segmen ini terus kami perkuat dengan generasi baru Ninja 650 yang didesain langsung oleh Kawasaki Jepang,” ujar General Manager Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Kazuya Ikebuchi.

Honda dan Yamaha juga tak ketinggalan untuk unjuk gigi. Melalui PT Astra Honda Motor (AHM), Honda yang mengusung tema “Be Unlimited” menampilkan sederet produk, di antaranya CBR250RR, yang siap dikirim ke 2.700 konsumen yang telah indent. Indonesia juga akan dijadikan negara pertama yang memproduksi motor sport terbaru Honda ini.

Foto: Antonius SP
Foto: Antonius SP

“Kami juga memperkenalkan CBR1000RR Fireblade untuk pertama kalinya di Indonesia yang menyandang filosofi utama Total Control dan CRF1000L Africa Twin, motor adventure yang akan kami luncurkan semester pertama 2017,” ujar President Director PT Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma.

Pada Imos kali ini, Yamaha meluncurkan skutik barunya, yakni Yamaha Mio M3, Soul GT  dengan fitur SSS, Tricity 155, Aerox 155, Xmax 250, dan Tmax. “Yamaha Indonesia mengikuti gaya Yamaha Eropa, yaitu meski belum diproduksi dan dijual, pada event bergensi, model terbaru diluncurkan terlebih dahulu, baru dijual tahun depan,” ujar Assistant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Masykur.

Selain melihat sepeda motor terbaru, pengunjung bisa menikmati aktivitas outdoor, seperti Imos Jamboride, Imos Motocustom, Imos Motogymkhana, dan Imos Moto Bazaar. Masyarakat juga bisa melakukan kegiatan yang tak kalah menarik, seperti donor darah, safety riding class, dan test ride. [BYU]

foto: Antonius SP

noted: Ajang Hiburan dan Pameran Teknologi Roda Dua