Liburan singkat alias weekend getaway bisa jadi pilihan bagi mereka yang ingin melepas penat. Oleh karena waktu yang sangat terbatas, pilihan destinasinya juga tentu yang bisa ditempuh dalam waktu relatif singkat. Bagi yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya, Belitung bisa jadi pilihan.

Dengan waktu tempuh penerbangan sekitar 1 jam dari Jakarta, Anda bakal punya waktu yang cukup untuk mengunjungi beberapa obyek wisata di Belitung. Apalagi kalau Anda mengambil penerbangan paling pagi.

Sewa sebuah mobil yang harganya relatif terjangkau. Bila bepergian bersama teman atau orang dekat, bisa “lepas kunci” sehingga perjalanan jadi lebih menyenangkan. Toh, lalu lintas di Belitung sepi. Berikut ini 8 tempat yang wajib dikunjungi di Belitung.

1. Danau Kaolin

Begitu sampai di Bandar Udara Internasional HAS Hanandjoeddin, mulailah perjalanan Anda menuju Danau Kaolin. Berjarak 12 kilometer dari bandara tersebut dan bisa dicapai dalam waktu sekitar 20 menit, danau yang terbentuk dari bekas penggalian kaolin ini terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan. Keunikan ada pada airnya yang berwarna biru muda dikelilingi pasir putih, paduan warna yang elok difoto dan dijadikan latar swafoto.

2. Bakmie Atep

Penerbangan pagi mungkin tidak menyempatkan Anda untuk sarapan. Nah, mumpung perut kosong, lanjutkan pelesiran ke Mie Belitung Atep.

Terletak di pusat Kota Tanjung Pandan, tak jauh dari Tugu Batu Satam, Mie Belitung Atep menempati bangunan ruko yang sederhana. Dindingnya dihiasi foto-foto figur publik dan artis yang pernah makan di tempat tersebut. Salah satunya, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Selain mi kuning, Mie Belitung Atep juga berisi antara lain irisan kentang, bakwan, timun, udang, dan emping, yang kemudian disiram kuah kaldu kental. Lengkapi pengalaman bersantap di sini dengan meneguk segelas es jeruk kunci yang segar.

Selagi berkunjung ke Mie Belitung Atep, luangkan waktu untuk mampir di beberapa toko yang ada di sekitarnya. Bermacam oleh-oleh, terutama kerupuk, bisa Anda beli sebagai buah tangan untuk rekan atau handai tolan.

This slideshow requires JavaScript.

3. Rumah Adat Belitung

Masih di kota yang sama, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, persis di samping Kantor Bupati Belitung, Anda bisa datang untuk melihat rumah adat Belitung. Di dalamnya, ada beberapa foto jadoel dan perkakas-perkakas keseharian masyarakat di Negeri Laskar Pelangi.

4. Batu Mentas

Mau bersantai sejenak di tempat yang teduh, relatif sepi, tetapi tidak mau yang bersuasana pantai? Ada Batu Mentas, yang dari Kota Tanjung Pandan bisa dicapai dalam waktu sekitar 40 menit. Di tempat ini ada penangkaran salah satu hewan langka, Tarsius bancanus saltator atau disebut pelilean oleh warga sekitar.

Di tempat ini juga ada sungai, yang pengunjung bisa bermain air atau berfoto bersama ikan-ikan kecil yang ada di dalam sungai. Pemandu wisata di Batu Mentas dengan cakap akan membantu menentukan sudut pengambilan foto terbaik dan menyiapkan beberapa properti untuk mendukung foto yang instagramable.

5. Timpo Duluk

Nikmati santap siang Anda di Timpo Duluk, Tanjung Pandan, yang menyajikan beragam menu khas Belitung yang lezat. Beroperasi sejak 2013, tempat makan ini adalah rumah tradisional yang interiornya didesain sedemikian rupa menjadi sebuah restoran, lengkap dengan pernak-pernik atau barang keseharian masyarakat Belitung tempo dulu yang dipajang di dinding restoran.

Sebagai menu pembuka, cicipi berego yang dibuat dari tepung beras putih, dibentuk jadi mi lebar dan dililit membentuk bulatan. Berego disantap dengan kuah santan dan daging ikan laut yang sudah dihaluskan.

Bagi yang ngemil, jajal bebulus begendol. Ini adalah ikan bulus kecil digoreng garing dan disajikan dengan irisan cabai merah. Sedap.

6. Tanjung Tinggi

Lengkapi perjalanan dan foto-foto di Belitung dengan mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi atau juga disebut Pantai Laskar Pelangi. Terletak di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Selain hamparan pasir putih yang halus dan laut biru, obyek menarik di tempat ini adalah batu granit berukuran besar yang tersebar di sekitar pantai. Kalau langit sedang cerah, tempat ini sangat ciamik untuk difoto, apalagi jelang senja.

7. Mutiara

Khusus bagi penggemar makanan laut (seafood), restoran Mutiara di Tanjung Pandan jadi tempat yang cocok untuk disambangi. Bermacam menu makanan laut segar mulai dari ikan, kepiting, hingga otak-otak bisa disantap dengan harga relatif terjangkau.

8. Kong Djie

Sebelum menutup hari dan beristirahat, mampir sejenak di kedai kopi Kong Djie di Jalan Siburik Barat, Tanjung Pandan. Didirikan pada 1943 oleh seorang warga asli Bangka bernama Kong Djie, kedai kopi ini sekarang punya banyak cabang. Namun, yang tetap ramai pengunjung adalah yang pertama ini.

Rasa kopi yang pekat, bahkan hingga sesapan terakhir, plus camilan dan obrolan bersama rekan tentu akan jadi penutup perjalanan yang epik di Belitung. [ASP]

Foto-foto: Iklan Kompas/Antonius SP.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Oktober 2018.