Keberadaan restoran dengan konsep rooftop dalam tiga tahun belakang ini mulai menjamur di Ibu Kota. Tiap resto rooftop hadir dengan keunikan konsep yang berbeda satu dengan yang lain. Akan tetapi, satu hal kesamaan yang mereka sampaikan, yaitu dari ketinggian, senja di Jakarta dapat dinikmati dengan indah.

Bukan hanya interior dan eksterior resto yang dipikirkan sedemikian rupa agar menciptakan kenyamanan bagi pengunjungnya, makanan dan minumannya pun dipersembahkan dengan rasa yang berkualitas. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi rooftop resto yang dapat dinikmati di Jakarta bersama teman dan kerabat terkasih.

1. Bar at The Rooftop

Mencari rooftop di Jakarta untuk bersantai? Banyak. Namun, yang tenang dengan suasana yang nyaman? Bar at The Rooftop (BART)  bisa menjadi pilihan. Berada di puncak hotel Artotel, BART menawarkan suasana hangat dan akrab. Anda bisa menikmati temaram lampu ditemani dengan lansekap citylight Jakarta.

Sayangnya, makanan main course tidak terlalu banyak. Namun, jika sekadar mencari penganan kecil dan minum, BART bisa menjadi pilihan. Walaupun posisinya tidaklah tinggi sekali, BART menawarkan suasana rooftop yang nyaman.

8 restoran rooftop romantis di jakarta, bar at the rooftop
zomato.com

Alamat :
Hotel Artotel Lantai 7
Jalan Sunda No 3 Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat

Jam Buka :
17.00 WIB–01.00 WIB

Fasilitas :
Wi-Fi, full bar, outdoor seating, parkir, toilet, AC

Lokasi :

2. Karumba Rooftop Rum Bar

Rooftop bar yang terletak di Hotel Mercure Jakarta Simatupang ini menjadi salah satu oase yang menyegarkan bagi para penikmat rooftop di kawasan Jakarta Selatan. Berlokasi di lantai 19, Karumba menyajikan beragam minuman spesial dan makanan yang memanjakan cita rasa.

Dilengkapi desain interior yang ceria dengan mengutamakan konsep rustic, Karumba hadir dengan lebih berwarna. Sajian menu beragam mulai dari set platter yang dapat dinikmati bersama, seperti smoke beef cheese croquette dan blackpepper beef pizza dapat menyemarakkan waktu “nongkrong” bersama kerabat.

8 restoran rooftop romantis di jakarta, karumba rooftop rum bar
karumbajakarta.com

Alamat :
Hotel Mercure Jakarta Simatupang
Jalan RA Kartini No 18, Lebak Bulus, Jakarta Selatan 12440

Telepon :
021 75 999 777

Situs web :
www.mercurejakartasimatupang.com dan www.karumbajakarta.com/

Twitter :
https://twitter.com/Mercure_Smtpg

Facebook :
http://www.facebook.com/MercureJakartaSimatupangHotel

Fasilitas :
Wi-Fi, toilet, kolam renang (customer hotel), tempat parkir, smoking area

Lokasi :

3. Lobbyn Kitchen & Bar – Sky Terrace

Kemang selalu mampu menyajikan beragam hiburan yang menarik. Yang paling terkenal untuk urusan gastronomi. Di Fave Hotel misalnya, terdapat Lobbyn Kitchen & Bar – Sky Terrace yang dapat memanjakan pengunjungnya dengan kenyamanan tempat, keramahan para pelayanan, dan tentu saja sajian bercita rasa spesial.

Lobbyn menyajikan menu-menu spesial, seperti Steak Lobbyn Favorite, berupa dada ayam tanpa tulang yang disajikan dengan racikan saos yang nikmat dan Sirloin Steak yang memanjakan selerakan. Sementara itu, untuk menu masakan bercita rasa Indonesia andalannya adalah tongseng dan sop buntut. Untuk minuman, Lobbyn menjagokan Multi Colours, Manggoes, dan Chocolate Sensation.

8 restoran rooftop romantis di jakarta, Lobbyn Kitchen & Bar – Sky Terrace
zomato.com

Alamat :
Fave Hotel Lantai 7, Jalan Kemang I No.6, Jakarta Selatan

Telepon :
(021) 7181320

Situs web :
http://www.lobbynkitchen.com/

Fasilitas :
Wi-Fi, toilet, tempat parkir, smoking area

Lokasi :

4. The Awan Lounge

Terletak di lantai 9 Kosenda Hotel, suasana The Awan Lounge memang unik dengan interior yang artsy . Suasana rooftop lounge yang rindang dipenuhi oleh pohon dan tanaman. Makanan yang ditonjolkan di sini adalah barbeque tapas yang mempunyai cita rasa tinggi. Rekomendasinya adalah Lamb Cutlet yang merupakan australian lamb yang di-marinated dan disajikan dengan asian herbs dan tahina yoghurt.

8 restoran rooftop romantis di jakarta, the awan lounge
awanlounge.com

Alamat :
Kosenda Hotel Lantai 9, Jalan KH Wahid Hasyim No 127, Tanah Abang, Kosenda Hotel, Jakarta Pusat

Telepon :
(021) 31936868

Fasilitas :
Wi-Fi, toilet, tempat parkir, smoking area

Situs web :
http://www.awanlounge.com/

Lokasi :

5. Hause Rooftop

Terletak di pusat kota, Hause Rooftop dapat menjadi tempat Anda melepas lelah sehabis bekerja. Terbilang berukuran tak terlalu besar, restoran ini menjadi tak terlalu riuh. Hause Rooftop yang berada di gedung MD Place, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan ini menghadirkan beragam makanan dan minuman, di antaranya sup, salad, aneka pizza, dan makanan berat lainnya. Minuman yang disajikan mulai cocktail, aneka teh sampai minuman ringan yang menyegarkan.

8 restoran rooftop romantis di jakarta, hause rooftop
zomato.com

Alamat :
MD Place Bulding, Lantai 6, Jalan Setiabudi Selatan No 7, Kuningan, Jakarta

Telepon :
021 29529852 (reservasi meja direkomendasikan)

Situs web :
www.hausemade.com/

Fasilitas :
Wi-Fi, toilet, tempat parkir, smoking area

Lokasi :

6. La Vue Bar

Kesyahduan Jakarta menjadi menu suguhan La Vue. Sesuai dengan namanya—berasal dari bahasa Perancis yang berarti pemandangan, restoran yang berada di puncak Hotel The Hermitage di Jalan Cilacap, Jakarta Pusat, Memang, rooftop yang satu ini juga terkenal karena suasananya yang romantis dan sangat bagus untuk melihat sunset di Ibu Kota.

Restoran ini tidak terlalu besar, hanya terdiri atas tiga sofa untuk 5–8 orang dan bagian bar untuk orang yang datang berdua atau sendiri, La Vue buka pukul 11 siang hingga pukul 1 malam. Untuk makanan, menunya beragam, dari tapas hingga The Hermitage Club—roti lapis dengan daging sapi yang disajikan dengan kentang goreng.

8 restoran rooftop romantis di jakarta, la vue bar
zomato.com

Alamat :
The Hermitage Hotel lantai 9, Jalan Cilacap No 1, Menteng, Jakarta

Telepon :
(021) 31926888

Fasilitas :
Wi-Fi, toilet, tempat parkir, smoking area

Lokasi :

7. 33 Degree Sky Bridge

Berlokasi di lantai 33 Gedung Aston Marina, Jakarta Utara, 33 Degree Sky Bridge memanjakan para pengunjung yang dating dengan konsep bohemian yang bergaya santai dan klasik. Di sini pengunjung bisa menikmati sea view dan city view Jakarta. Ruangan dibagi menjadi dua area. Di lounge lebih mengarah pada pemandangan city view sekaligus sea view. Sementara itu, dinning area mengarah pada city view.

Lounge dan dining berkapasitas sekitar 500 orang ini menyediakan beragam tapas. Beberapa di antaranya Pan fried salmon with garlic bread and organic Hollandise dan Lamb medallion with zuchini and prochini. Potongan salmon di fried salmon with garlic bread and organic Hollandise cukup besar dan empuk dan dipadukan dengan roti garlic membuatnya terasa gurih. Sementara itu, daging kambing dari Lamb medallion with zuchini and prochini terasa berbumbu dan empuk. Tambahan potongan jamur dan timun membuatnya terasa segar. Perpaduan yang sempurna untuk menikmati utara Jakarta.

8 restoran rooftop romantis di jakarta, 33 degree sky bridge
zomato.com

Alamat :
Aston Marina Mediterania, Tower A
Jalan Lodan Raya No 2A, Ancol, Jakarta

Telepon :
021 69837120 (reservasi meja direkomendasikan)

Situs web :
www.aston-international.com

Fasilitas :
Wi-Fi, toilet, tempat parkir, dan smoking area

Lokasi :

8. The Edge

The Edge yang terletak di Kemang Icon by Alila ini termasuk salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menikmati sore yang indah di Jakarta. Mengajak pasangan Anda untuk acara dinner yang romantis juga terasa cocok di tempat ini. The Edge menyediakan bebagai menu makanan. Ada banyak pilihan menu makanan, mulai dari masakan Asia, Barat, hingga menghadirkan konsep grill house.

Menu dibagi menjadi tiga, yaitu breakfast, lunch, dan dinner. Menu yang cocok untuk breakfast adalah The Edge of Big Break yang merupakan kombinasi dari telur, daging sapi, jamur, dan sayuran lain. Sementara itu, untuk lunch, Apricot-stuffed Chicken bisa menjadi pilihan Anda. Ayam yang disajikan dengan buah alpukat dengan tambahan saus yogurt lemon ini sangat lezat.

Menu ini merupakan menu unggulan The Edge. Untuk dinner, coba menu steak frites yang berisi daging tenderloin, kentang, dan salad. Sementara itu, untuk minumannya, Anda bisa memesan aneka smoothies, milkshakes, dan kopi. Minuman andalan di restoran The Edge adalah lychee and passion fruit iced tea. Fasilitas pelengkap lain yang juga disediakan oleh The Edge adalah live accoustic yang menyenangkan.

8 restoran rooftop romantis di jakarta, the edge
zomato.com

Lokasi:
Kemang Icon by Alila, lantai 5
Jalan Kemang Raya 1 ,Jakarta Selatan 12730,

Telepon :
(021) 7197989

Situs web :
http://www.alilahotels.com/kemangicon/dining

Fasilitas :
Wi-Fi, toilet, kolam renang, tempat parkir, smoking area

Lokasi :

 

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 27 Agustus 2016

Leave a Response