Memulai perencanaan keuangan untuk masa pensiun bukanlah perkara mudah. Namun, hal ini harus dilakukan agar kelak pada masa mendatang, ketika sudah tidak produktif lagi, Anda tidak mengalami kesulitan finansial.

Jangan tunggu lama lagi, segera mulai perencanaan keuangan Anda dengan memperhatikan lima langkah di bawah ini agar nantinya Anda dapat menjalani masa pensiun dengan baik.

Tetapkan tujuan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan tujuan atau target yang hendak dicapai saat pensiun, misalnya pada usia berapa dan seberapa besar kira-kira dana pensiun yang ingin Anda dapat ketika sudah tidak bekerja. Upaya ini bisa membantu Anda menentukan langkah-langkah selanjutnya agar tujuan tersebut tercapai.

Berpikirlah realistis saat menentukan tujuan sehingga Anda tidak terlalu terbebani dan dapat tetap menjalani hidup dengan wajar, termasuk menganggarkan dana untuk hal-hal menyenangkan seperti berlibur atau membeli barang-barang kesukaan Anda.

Konsultasi

Shutterstock 

Perencanaan keuangan untuk masa pensiun amatlah penting, untuk itu Anda perlu mengonsultasikannya dengan penyedia jasa perencanaan keuangan tepercaya. Dengan berkonsultasi, Anda akan lebih memahami hal-hal apa saja yang harus diperhatikan agar tujuan tersebut tercapai.

Pada umumnya, penyedia jasa perencanaan keuangan mempunyai kemampuan dan alat yang dapat membantu merencanakan dan merealisasikan harapan kliennya. Tentu, mereka juga akan menjelaskan strategi yang perlu diterapkan agar Anda sukses memasuki masa pensiun.

Mulailah dari sekarang

Mulailah mempersiapkan masa pensiun Anda dari sekarang. Dengan merencanakan masa pensiun sejak dini, target dana yang terkumpul akan semakin mudah terealisasi. Cobalah dengan menabung secara rutin dan jangan diutak-atik meskipun nilainya tidak terlalu besar.

Saat menjadi karyawan baru atau mulai memiliki penghasilan tetap, pada saat itulah waktu yang tepat untuk memulai menyisihkan dana untuk pensiun. Ini karena pengeluaran Anda tentu masih terbilang rendah sehingga memiliki kemampuan yang baik untuk menghemat uang sebanyak mungkin sebelum membangun keluarga.

Jadikan investasi

Shutterstock

Agar dana pensiun dapat digunakan pada kemudian hari, ketika Anda tidak lagi produktif, tak ada salahnya menyimpan dana tersebut dalam bentuk investasi. Karena dana pensiun masih akan digunakan dalam waktu lama, pilihlah investasi jangka panjang yang stabil dan aman.

Pikirkan masak-masak jenis investasi yang hendak Anda pilih. Jangan mudah tergiur dengan jenis investasi yang menjanjikan return tinggi dalam waktu singkat. Pastikan pula bentuk investasi yang dipilih adalah sah dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Ikuti program pensiun

Program pensiun merupakan program yang mengupayakan tersedianya dana pensiun bagi pesertanya, baik individu maupun kelompok. Program ini biasanya dimiliki oleh bank-bank terkemuka atau lembaga keuangan tepercaya.

Dengan mengikuti program pensiun tersebut, secara tidak langsung, Anda juga akan semakin disiplin menabung karena biasanya sumber dana yang digunakan pada program ini berasal dari rekening tabungan Anda.