Selain berfungsi melindungi privasi pemilik rumah, gorden bisa mempercantik ruangan. Namun, banyak pemilik rumah lupa merawat kain yang satu ini. Padahal, merawat gorden cukup mudah dilakukan. Berikut ini cara mudah merawat gorden seperti dikutip dari ideaonline.co.id.

Hal pertama yang dilakukan, yaitu jaga agar warna tak cepat pudar dan kain tak mudah rusak. Salah satu caranya, hindari terlalu sering mencuci gorden. Anda sebaiknya melakukan pencucian gorden 3–6 bulan sekali. Hal ini tentu saja tergantung jenis kain gorden dan ruangan yang ditempati. Untuk merawat gorden, Anda bisa membersihkan dengan penyedot debu. Penyedotan debu pada gorden sebaiknya dilakukan 1 minggu sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk.

Hal kedua, yaitu cek jenis kain gorden. Ada dua jenis kain gorden yang kerap digunakan, yaitu beludru dan chenille. Saat mencuci kain berjenis beluduru, sebaiknya hati-hati, jangan sampai bulu beludru jadi mudah rontok. Hindari memeras dengan dengan memelintir kain. Untuk kain berjenis chenille, gunakan system dry cleaning. Hal ini agar kain tak mudah menciut. Pasalnya, kain jenis ini saat terkena air akan mengalami penyusutan.

Hal ketiga, yaitu cuci vitrase. Warna putih vitrase di gorden memang mudah kotor. Oleh sebab itu, pencucian harus rutin dilakukan. Tujuannya agar warna putih gorden tak mudah kusam dan berwarna kecokelatan. Jika vitrase menggunakan renda dan pola bordir, sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan. Hindari menggunakan sikat dan mesin cuci agar serabut renda tak cepat rusak.

Hal keempat, yaitu hati-hati saat menjemur. Beberapa jenis kain rentan pudar warnanya jika terkena cahaya matahari langsung. Untuk mengantisipasi hal tersebut, letakan kain di area jemur yang beratap agar cahaya matahari bisa difilter. Jangan lupa hindari melipat kain gorden saat menjemur agar tak muncul lipatan saat gorden terpasang. Gantungkan gorden basah seperti posisi ketika dipasang di jendela.

Hal kelima, yaitu pastikan Anda memiliki gorden cadangan. Merawat gorden memang bisa dilakukan di rumah. Namun, sebaiknya Anda memiliki gorden dan vitrase minimal 2 buah. Hal ini untuk menjaga jika salah satu gorden dicuci, privasi Anda tetap terjaga dengan gorden dan vitrase cadangan. [*/INO]

Foto dokumen Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 31 Oktober 2016

Leave a Response