Udara sejuk yang kita rasakan di dalam mobil merupakan hasil kerja sistem pendingin kendaraan (AC). Sistem ini terdiriatas sejumlah komponen yang terintegrasi. Oleh sebab itu, jangan heran, saat memperbaiki AC mobil, ada sejumlah komponen yang menjadi pusat perhatian mekanik.

Terkait sistem AC mobil, terdapat empat komponen yang layak Anda ketahui.

Kompresor

Benda berwujud seperti pompa air ini berfungsi mengatur sirkulasi freon yang terdapat pada sistem pendingin, yakni dari evaporator ke kondensor. Alat ini mengubah tekanan udara sehingga mengalir dari ruang bertekanan tinggi menuju ruang bertekanan lebih rendah.

Timbulnya suara aneh dan kasar saat AC dihidupkan merupakan indikasi adanya kerusakan pada komponen ini. Kurangnya pelumas, pinton aus, atau tidak presisinya as yang ada di dalamnya, adalah penyebab hadirnya suara tersebut.

Hal lain yang mengisyaratkan komponen ini tidak berfungsi normal adalah tidak stabilnya embusan udara dingin ke dalam mobil. Contohnya, saat putaran mesin rendah, udara keluar dari kisi-kisi AC tidak terasa sejuk, tetapi saat putaran mesin tinggi, semburan udara baru terasa sejuk. Kondisi ini terjadi lantaran kompresi pada kompresor tidak berjalan maksimal.

 

Evaporator

Berada di dekat kompresor, komponen AC ini terdiri atas pipa-pipa kecil. Evaporator bertugas menyerap panas yang terdapat di dalam mesin pendingin. Hasil dari penyerapan tersebut kemudian dibuang melalui kondensor menuju ruang yang tidak didinginkan.

Tekanan udara di dalam komponen inimenjadi rendah karena kompresor yang terintegrasi mampu mengisap bahan pendingin yang ada di dalamnya. Kotornya evaporator akan membuat sensor tidak mampu memberikan sinyal akurat ke kompresor, akibatnya kompresor akan terus-menerus menyuplai freon dingin meski udara sudah cukup dingin.

Nah, semakin banyak udara dingin yang menumpuk di ruang evaporator akan membuat ruang tersebut beku. Jika kondisi ini terjadi, jangan heran jika AC dinyalakan, hanya embusan angin yang Anda rasakan.

 

Kondensor

Selain berfungsi menyerap panas dari freon yang telah dikompresi oleh kompresor, komponen inilah yang mengubah gas tersebut menjadi cair. Kondensor terletak di luar ruang yang sedang didinginkan.

Secara fisik, kondensor terdiri dari konstruksi pipa yang dilengkapi sirip-sirip kecil yang berfungsi mempercepat pindahnya suhu panas.

 

“Filter dryer”

Berbentuk tabung, komponen ini berfungsi sebagai tempat penampungan sementara freon cair sebelum disalurkan menuju evaporator. Komponen ini juga berperan sebagai penyaring kotoran yang terbawa oleh bahan pendingin, serta berfungsi menyerap kandungan uap air yang ada di dalam freon. Oleh sebab itu, di dalamnya terdapat filter kasa dan gel silika. [*/BYU]

foto: shutterstock

noted: 4 komponen ac mobil