Properti ornamen batik di rumah

Published on February 1st, 2018 | by Kompas Klasika

Mempercantik Rumah dengan Ornamen Batik

Batik bisa diaplikasikan di dalam rumah untuk mempercantik ornamen ruangan. Memang ada tantangan untuk menerapkan motif batik yang cenderung ramai. Namun, sebenarnya ini tidak menjadi masalah. Simak kiat-kiat berikut ini.

Pertama, Anda tak perlu menyeragamkan seisi rumah dengan batik. Terlalu banyak unsur batik dalam satu ruangan juga akan menciptakan kesan “gelap”. Jadi, cukup aplikasikan batik sebagai aksen.

Kedua, hindari menggunakan terlalu banyak motif dan warna batik dalam satu ruangan. Lebih baik pilih batik dengan motif dan warna tertentu pada satu ruangan serta motif dan warna batik yang berbeda pada ruangan lainnya. Bisa juga memberikan satu unsur batik yang sama dalam setiap ruangan dan menggantinya secara berkala, misalnya dua minggu sekali untuk menyegarkan suasana.

Ketiga, mulailah dari dekorasi yang sederhana. Misalnya, menjadikan batik sebagai taplak meja. Anda bisa menggunakan taplak meja polos sebagai dasar dan kain batik sebagai aksen pada bagian tengah.

Keempat, kreasikan batik pada setiap ruangan menurut fungsinya. Misalnya, untuk ruang tamu, selain taplak, Anda bisa mengaplikasikan batik untuk tirai atau sarung bantal sofa. Untuk ruang makan, bisa mengaplikasikan batik untuk taplak meja, tatakan makanan, atau serbet. Bisa juga untuk sarung galon minuman atau penutup lemari es. Untuk kamar tidur, seprai bermotif batik, Anda sekaligus juga bisa menggunakan bed cover dan sarung bantal-guling bermotif batik.

Kelima, selain mengaplikasikan batik dalam bentuk kain, Anda bisa memilih perabotan bernuansa batik. Misalnya piring makan keramik yang bermotif batik.

Keenam, jangan lupa, rawat batik dengan pembersih khusus. Biasanya, perawatan kain batik tulis menggunakan lerak. Sementara itu, batik kontemporer atau batik modern dengan pewarna sintetis bisa dirawat dengan deterjen biasa.

Jenis batik yang bisa Anda pilih sangat beragam. Hampir setiap daerah memiliki ciri khas batik. Misalnya, batik klasik khas Solo yang bernuansa cokelat, hitam, dan cokelat kekuning-kuningan. Batik Yogyakarta yang tak kalah klasik dengan warna-warna hitam dan putih.

Jika menyukai warna cerah, batik dengan motif sederhana dan warna bernuansa ceria seperti batik Pekalongan dan batik Cirebon bisa Anda pilih. Apalagi kini banyak muncul batik modern dengan warna cerah dan motif sederhana.

Banyak pilihan untuk mengaplikasikan batik dalam dekorasi interior rumah. Tinggal pilih saja sesuai selera. Selamat mencoba dan berkreasi. [*]

Foto Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 27 Juni 2017

Mempercantik Rumah dengan Ornamen Batik Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑