Finansial Pinjam Uang

Published on January 22nd, 2019 | by Benedictus Yurivito

0

Pinjam Uang Secara Online melalui Fintech? Ini Dia Tipsnya

Pinjam uang tidak harus ke bank atau pegadaian lagi. Teknologi finansial (financial technology/fintech) menjadi pilihan lain selain dua lembaga keuangan tersebut.

Pinjam uang secara daring melalui fintech memang belakangan mulai populer. Syarat yang lebih mudah dan pencairan dana yang relatif cepat merupakan daya tarik utama fintech. Soal kecepatan, tidak perlu diragukan. Dana segar bisa cair dalam waktu 1 x 24 jam semenjak pendaftaran diri.

Bandingkan sendiri dengan di bank. Kalau meminjam uang di bank, Anda harus mengisi berbagai isian persyaratan yang rumit. Anda juga harus melampirkan banyak dokumen pendukung, mulai dari KTP, kartu keluarga, kartu kredit, nomor telepon, nama kerabat, dan lainnya. Bahkan, Anda harus mencantumkan jaminan yang nilainya harus besar.

Meskipun sudah populer, bukan berarti orang kemudian berbondong-bondong untuk meminjam di fintech. Masih banyak ketakutan yang muncul saat ingin meminjam uang secara daring. Oleh karena itu, simak tips aman untuk meminjam uang di fintech pinjaman.

Ketahui konsekuensinya

Pinjam Uang

Mendaftar di fintech memang lebih mudah. Biasanya, Anda cukup lampirkan foto KTP, swafoto sambil memegang KTP, alamat surel (e-mail) atau lewat akun media sosial.

Nah, sesaat sudah mendaftarkan diri, berarti konsekuensinya adalah Anda memberikan wewenang pihak lain untuk mengakses data diri berdasarkan ketentuan yang berlaku. Seperti yang diketahui, apa yang sudah tersimpan di dunia digital akan selalu tersimpan. Oleh karena itu, bacalah dulu seluruh syaratnya dengan teliti.

Pilih yang resmi

Sekarang, pinjaman daring pun menjamur. Nah, Anda jangan asal unduh. Perhatikan dulu perusahaan pinjaman daring tersebut, apakah sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum? Anda bisa melihatnya di sini per Desember 2018.

Pinjam Uang

Perusahaan yang sudah resmi terdaftar di OJK tentunya akan mengikuti prosedur dan peraturan yang sudah berlaku. Jadi, jika ada masalah pada masa depan, Anda bisa mendapatkan bantuan dari lembaga pemerintah yang resmi.

Pinjam Uang yang bunganya rendah

Sama seperti pinjam uang di bank, Anda pasti ingin meminjam uang dengan bunga yang rendah. Nah, Anda juga harus membandingkan bunga antar-pinjaman daring. Bunga yang rendah tentu membuat Anda lebih ringan dalam membayarnya.

Pinjam Uang

Untuk itu, dari daftar yang sudah ada di OJK itu, Anda bisa membandingkan satu sama lain dengan membuka situsnya. Beberapa di antaranya pun ada yang mengkhususkan untuk pinjaman level mikro. Tentu saja bunganya berbeda. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Jangan telat membayar

Walaupun lebih mudah mendaftarkan diri, Anda tetap tidak boleh lalai dalam membayar pinjaman. Selalu usahakan untuk membayar sebelum tanggal jatuh tempo. Sebab, saat Anda telat membayar, penagihan pasti akan dilakukan. Hal ini sendiri sudah punya mekanismenya yang sudah disesuaikan dengan peraturan pemerintah.

Pinjam Uang

Foto-foto: Shutterstock.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghitung dulu rasio pinjaman dengan kemampuan pendapatan agar terhindar dari penagihan utang. Jangan pinjam uang terlalu besar melebihi kemampuan atau pendapatan. Agar lebih teratur, sesaat gajian tiba atau pendapatan masuk, langsung sisihkan untuk pembayaran utang.(VTO)

Tags: , , ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑