Properti mengatur pencahayaan di rumah

Published on January 9th, 2018 | by Kompas Klasika

Tips Mengatur Pencahayaan dan Orientasi Ruang di Rumah

Hidup di negara tropis mendapat banyak keuntungan, antara lain cahaya matahari yang berlimpah sepanjang tahun. Ini adalah potensi besar untuk dimanfaatkan pada bangunan-bangunan atau rumah kita.

Seperti sirkulasi udara, pencahayaan ruangan lebih baik bersumber pada cahaya alami. Alasan utamanya, tentu saja ini dapat menghemat lebih banyak energi. Selain itu, cahaya alami juga dapat mencegah kelembaban ruangan terlalu tinggi sekaligus membunuh beberapa jenis jamur dan bakteri.

Ada beberapa tips mengoptimalkan cahaya matahari untuk ruangan Anda. Pertama dengan jendela. Jika Anda ingin menangkap banyak sinar tetapi menjaga suhu tidak terlalu tinggi, arah utara dan selatan baik untuk membuat bukaan.

Apabila bukaan jendela atau pintu Anda menghadap sisi barat atau timur, bisa jadi pada siang hari suhu ruangan cukup panas. Salah satu cara mengatasinya, menanam pepohonan rimbun di sisi jendela bagian luar, menggunakan kanopi atau overstek jendela, atau memasang kerai. Namun, ada kalanya membuat jendela di samping rumah juga tidak memungkinkan karena dinding berbatasan langsung dengan tembok rumah tetangga. Anda bisa mencoba menggunakan skylight atau atap genteng kaca.

Kesadaran tentang arah dan intensitas cahaya matahari juga bisa membantu kita menentukan orientasi ruangan pada hunian. Untuk ruang tidur, misalnya, kita bisa meletakkannya di posisi sebelah tenggara sampai arah timur. Pada pagi hari, cahaya matahari yang didapatkan akan maksimal. Ini menjaga ruang tidur dari kelembaban yang terlalu tinggi, sekaligus mencegahnya menerima panas berlebih cahaya matahari dari barat pada siang sampai sore hari. Suhu kamar yang tidak terlalu panas pada sore sampai malam juga akan membuat ruang tidur semakin nyaman sebagai tempat beristirahat.

Tempat berkumpul seperti ruang tamu dan keluarga juga sebaiknya mendapat pencahayaan yang cukup. Anda bisa meletakkannya di sisi barat laut atau barat daya sehingga ruangan cukup hangat, tetapi tidak terlalu terik. Jika Anda ingin menurunkan suhu ruangan, Anda bisa merancang ruang tersebut dengan material peredam panas atau ventilasi yang cukup.

Kamar mandi yang mempunyai tingkat kelembaban tinggi lebih baik didesain berada di sisi timur atau barat. Beri juga kisi-kisi kecil di bagian atas kamar mandi agar sirkulasi cahaya dan udara baik.

Ruangan lain yang posisinya perlu diperhatikan, dapur. Suhu di area untuk memasak ini biasanya lebih tinggi ketimbang ruangan lain. Jangan menempatkannya di sisi barat atau timur, lebih baik di utara atau selatan. Pengaturan cahaya yang baik adalah salah satu kunci rumah yang hemat energi. Pastikan Anda mempertimbangkannya dengan matang sebelum merancang denah rumah. [*/NOV]

 

Tips Mengatur Pencahayaan dan Orientasi Ruang di Rumah Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑