Properti bercocok tanam di pot

Published on December 18th, 2017 | by Kompas Klasika

Tips Bercocok Tanam di Pot dengan Mudah

Keterbatasan lahan bukanlah kendala untuk bisa menghadirkan tanaman di halaman rumah. Dengan menggunakan pot, siapa pun bisa tetap menanam bermacam tumbuhan yang bisa mendongkrak estetika dan keasrian hunian.

Bercocok tanam menggunakan pot juga punya kelebihan, yaitu bisa dengan mudah mengatur ulang posisi tanaman kalau bosan dengan tata letak yang sudah ada. Nah, supaya tampilannya tetap maksimal, ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Pertama, menyesuaikan ukuran pot dengan besar tanaman.

Jika tanaman, misalnya, sejenis pohon, pilihlah pot yang agak besar untuk menjaga keseimbangan tanaman. Demikian pula untuk memastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang yang cukup di bagian bawah sehingga kalau kelebihan air akar tanaman tidak akan terendam.

Anda bisa berkreasi dengan menggunakan pot panjang yang terbuat dari bambu atau bahan lain sehingga tidak hanya satu tanaman diletakkan dalam satu pot. Satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan niat ini adalah memastikan tanaman yang akan diletakkan nanti memiliki kebutuhan yang sama akan sinar matahari dan air.

Untuk perawatan, selain pemberian pupuk dan disiram, hal lain yang sebaiknya dilakukan secara rutin adalah peremajaan pada bagian daun, batang, dan akar. Kemudian, tanaman yang tidak kuat panas bisa diletakkan di dekat dinding yang tidak terkena sinar matahari langsung. Pantulan sinar ke dinding dirasakan sudah cukup bagi pertumbuhan tanaman tersebut. [ASP]

Foto Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 15 April 2017

Tips Bercocok Tanam di Pot dengan Mudah Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑