Otomotif knalpot mobil

Published on April 16th, 2018 | by Kompas Klasika

Tiga Penyebab Munculnya Letupan di Knalpot Mobil

Gangguan pada mobil tentu saja mengganggu. Lebih-lebih kalau kemungkinan sumber masalahnya tidak hanya satu. Salah satunya yaitu masalah letupan knalpot. Berikut ini tiga kemungkinan munculnya sumber letupan pada knalpot.

Waktu pengapian yang kurang tepat

Kemungkinan ini sebenarnya sangat kecil karena mesin mobil masa kini sudah terkomputerisasi, sehingga semua hal bisa didapat secara presisi. Termasuk soal pengapian. Namun, tak ada salahnya untuk memeriksa kemungkinan tersebut. Pastikan pemeriksaan dilakukan dengan saksama.

Kelebihan bahan bakar

Maksudnya adalah adanya bahan bakar yang ikut terbuang bersama sisa pembakaran. Oleh karena itu, perlu dipastikan injektor masih bisa bekerja dengan baik. Kemungkinan lain adalah bahan bakar yang masuk ruang pembakaran tidak berbentuk kabut halus (mudah terbakar) atau bisa juga penyumbatan lubang-lubang penyemprotan pada injektor.

Kandungan air

Letupan bisa juga terjadi adanya kandungan air di bahan bakar. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan seluruh sistem saluran pembakaran, termasuk menguras tangki bahan bakar. [ASP]

Foto : Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 23 September 2017

 

Tiga Penyebab Munculnya Letupan di Knalpot Mobil Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑