Ragam

Published on June 18th, 2018 | by Kompas Klasika

Tiga Hal saat Memilih Ikat Pinggang agar Menunjang Penampilan

Selain fungsinya yang untuk menahan celana atau rok yang kedodoran, ikat pingang masa kini memiliki fungsi lain yaitu untuk membantu meningkatkan penampilan. Namun, tentu tidak semua ikat pinggang bakal cocok Anda kenakan, untuk itu beberapa poin berikut patut dipertimbangkan saat memilih.

Bentuk

Ikat pinggang yang lebar bisa dipakai oleh mereka yang memiliki postur tubuh yang tinggi atau yang langsing. Sementara ikat pinggang yang lebih tipis dapat dipakai oleh mereka yang memiliki postur tubuh yang pendek atau yang gemuk—tapi perhatikan juga kalau ikat pinggang tersebut tidak terlampau tipis karena jutru akan membuat tubuh tampak lebih gemuk.

Motif

Demikian pula untuk motif, mereka yang bertubuh ramping bisa memilih ikat pinggang dengan motif yang ramai atau banyak pernak perniknya, sementara yang bertubuh besar dapat memilih ikat pinggang dengan motif yang lebih sedikit atau bahkan polos sama sekali. Hal ini berlaku juga untuk bagian kepala ikat pinggang.

Warna

Untuk warna pilihlah warna ikat pinggang yang sesuai dengan busana yang dikenakan. Warna ini tidak melulu harus sesuai dengan warna atasan atau bawahan, kalau Anda berani bereksperimen dan dirasa cocok mengapa tidak? Misalnya, kalau Anda mengenakan warna putih untuk baju dan celana, Anda bisa memilih warna merah, kuning atau hijau untuk ikat pinggangnya.

Agar penampilan semakin wah, kebersihan ikat pinggang juga perlu diperhatikan. Oleh karenanya secara rutin–kalau perlu setiap kali habis dipakai—bersihkan barang ini. Ikat pinggang dari bahan kulit bisa dibersihkan dengan cairan khusus, sementara bahan lain cukup dibersihkan dengan kain lembut. Untuk bagian kepala ikat pinggang, bisa digunakan kuas agar semua sudut bisa ikut dibersihkan. [ASP]

Tiga Hal saat Memilih Ikat Pinggang agar Menunjang Penampilan Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags:


About the Author



Back to Top ↑