Film

Published on February 4th, 2019 | by mahansa

0

Review Film The Upside (2019): Drama yang Menghangatkan Hati

The Upside (2019)Sebuah film adaptasi, suka tidak suka, pasti akan selalu diperbandingkan dengan aslinya. The Upside yang menghiasi layar-layar bioskop Tanah Air sejak akhir Januari lalu adalah remake dari film sukses Perancis bertajuk The Intouchables (2011). Oleh karena itu, Hollywood pun tertarik untuk membuat versinya sendiri.

The Upside berkisah tentang miliarder Phillip Lacasse (Bryan Cranston) yang mengalami tetraplegia, yaitu kelumpuhan nyaris seluruh bagian tubuh, dari kaki, tangan, badan, dan seputar pinggul. Bagian tubuhnya yang berfungsi sebatas dari leher ke atas.

Lacasse adalah seorang duda yang ditinggal mati istrinya. Dia boleh dibilang termasuk orang yang sangat perfeksionis dan frustrasi dengan kondisinya. Tidak heran jika orang yang mengurusnya tidak pernah bertahan lama. Asistennya yang loyal, Yvonne Pendleton (Nicole Kidman), sampai pusing mencari orang. Meski banyak yang melamar, Lacasse sangat pemilih. Hingga suatu kali datang Dell Scott (Kevin Hart), mantan narapidana yang kesulitan mencari pekerjaan.

Tanpa pengalaman apa pun dalam merawat orang sakit, Dell memperlakukan Lacasse sebagaimana yang ia anggap seharusnya. Ternyata, pelan-pelan, terbangun ikatan di antara mereka. Lacasse seakan menemukan kembali alasan untuk hidup. Begitu pun Dell, yang semula sudah dianggap istri dan anaknya tidak ada gunanya, kembali mempunyai harapan akan hidup yang lebih baik tanpa harus berbuat kriminal.

The Upside (2019)

Sebagai cerita, The Upside memiliki pesan positif yang sangat kuat tentang semangat dan harapan. Hidup itu—seburuk apa pun kondisinya—masih punya alasan untuk diperjuangkan. Yang penting, ada kemauan. Dan sering kali, seperti ditampilkan Dell, tidak mesti dengan cara-cara spektakuler. Dia melihat banyak persoalan dengan amat sederhana. Seperti orang biasa yang apa adanya. Jauh berbeda dengan Lacasse, yang menderita di tengah keberlimpahannya.

The Upside (2019)

Meski demikian, pembuat film terkesan ragu, ingin menjadikan The Upside sebagai film drama atau komedi. Ada beberapa bagian yang menyajikan humor, tetapi sebagian besar film menyajikan konflik, baik yang dialami Lacasse dengan dirinya maupun antara Dell dan keluarganya.

Dari sisi akting, Hart dan Cranston cukup mampu menyajikan karakter masing-masing dan menggugah emosi penonton. Namun, dari sisi cerita, kurang digali bagaimana bonding antara kedua karakter bisa terbentuk. Itu yang membuat konflik yang muncul kemudian serta penyelesaiannya terasa begitu mudah dan kurang menggigit.

The Upside (2019)

Foto-foto: dokumen Dok STX Films, Lantern Entertainment

Sejumlah pengamat juga menyoroti, sebagai film adaptasi, The Upside tidak terlalu banyak berupaya memberikan sentuhan baru yang lebih segar dibandingkan kisah aslinya. Adaptasi ke dalam budaya Amerika juga kurang terlihat. Mungkin karena kisah aslinya memang sudah kuat dan dirasa tidak perlu diubah terlalu berlebihan.

Bagi mereka yang percaya masih ada jalan keluar dari setiap masalah, film ini layak ditonton. Bukan hanya menghangatkan hati dan membangkitkan semangat yang mulai mati, penonton diajak untuk bersikap optimistis dan percaya bahwa hidup dapat menjadi lebih baik.

Sutradara:
Neil Burger

Skenario:
Jon Hartmere
Berdasarkan The Intouchables (Olivier Nakache, Eric Toledano)

Pemeran:
Kevin Hart, Bryan Cranston, Nicole Kidman, Golshifteh Farahani

Rilisan:
Amerika Serikat

Tayang perdana:
29 Januari 2019

Review Film The Upside (2019): Drama yang Menghangatkan Hati mahansa

Summary:

3


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑