Layar Perak review film the dark tower

Published on September 13th, 2017 | by Kompas Klasika

The Dark Tower (2017): Misi Menyelamatkan Semesta

I don’t shoot with my hand, I shoot with my mind. I don’t kill with my gun, I kill with my heart

Jake Chambers (Tom Taylor) setiap malam selalu bermimpi buruk. Dia melihat anak-anak diculik oleh manusia berwajah palsu. Anak-anak itu “diperas” pikirannya yang hasilnya digunakan menjadi “peluru” untuk menghancurkan sebuah menara.

Usut punya usut, menara itu merupakan penopang alam semesta, pusat peradaban beberapa kehidupan, termasuk bumi. Menara itu hendak dihancurkan oleh seorang penyihir bernama Walter Padick (Matthew McConaughey) agar bisa menguasai peradaban semesta.

Sayangnya, Jake dianggap gila, padahal dia sudah bercerita kepada ibunya. Saat hendak dimasukkan ke rumah sakit jiwa, Jake berhasil lari karena orang dari rumah sakit jiwa itu ternyata ingin menculiknya lantaran Jake memiliki cahaya yang murni, disebut pure shine.

Dalam pelariannya, Jake berhasil menemukan pintu menuju dunia lain, tempat sang penjaga menara yang awalnya berpikir untuk menyerah menjaga menara, yaitu Roland “Gunslinger” Deschain (Idris Elba). Tak butuh waktu lama, mereka berdua lalu berusaha menyelamatkan semesta.

Film ini diadaptasi dari novel seri karya Stephen King. Sebagai sebuah film adaptasi buku, film ini tidak ada masalah. Unsur aksinya cukup menarik, unsur fiksi ilmiahnya keren, hiburannya juga pas. Sayangnya, jika ditarik secara keseluruhan, tak ada yang benar-benar menjadi adegan ikonik atau teringat di kepala. Plot ceritanya pun terasa datar, walaupun Elba, McConaughey, dan Taylor berhasil memerankan ketiga karakter dengan optimal.

Sang sutradara Nikolaj Arcel sepertinya kesulitan untuk menampilkan cerita yang kompleks di buku ke dalam film yang durasinya terbatas. Hasilnya, film ini seakan ditampilkan bahwa penonton sudah mengerti seluruh cerita dan latar belakang hubungan Mid World dengan Keystone Earth. Semoga film ini punya kelanjutan untuk menceritakan lebih detail. [VTO]

The Dark Tower

Sutradara :
Nikolaj Arcel

Penulis naskah :
Akiva Goldsman, Jeff Pinkner

Pemain :
Idris Elba, Matthew McConaughey, Tom Taylor, Katheryn Winnick

Produksi :
Sony Pictures Entertainment, Imagine Entertainment, Media Rights Capital.

Foto dokumen Sony Pictures International

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 11 September 2017

The Dark Tower (2017): Misi Menyelamatkan Semesta Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑