Artikel ilustrasi ban

Published on December 3rd, 2018 | by Kompas Klasika

0

Tahun Ini, Teknologi Terkini Menjadi Magnet Tersendiri

Tak hanya tampilan kendaraan yang mampu memikat calon konsumen. Penerapan teknologi terkini juga menjadi magnet tersendiri bagi mereka yang ingin memiliki sepeda motor baru.

Setiap orang mafhum, teknologi mampu meningkatkan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara. Untuk itu, konsumen selalu mempertimbangkan fitur-fitur pada sepeda motor.
Ada sejumlah fitur yang belakangan ini cukup memikat banyak orang, sekaligus turut menjadikan pertimbangan konsumen saat menentukan pilihan.

Sistem keamanan tanpa anak kunci (keyless), stop start system, sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), dan sistem kelistrikan yang menghadirkan power outlet merupakan fitur yang sering diperhitungkan.

Fitur menarik lainnya yang patut diulik adalah power outlet. Pada zaman serba digital ini, sumber daya listrik amat berarti, terlebih mereka dengan mobilitas tinggi.

Sistem penguncian tanpa anak kunci, atau yang dikenal dengan berbagai istilah seperti keyless system, smartkey system, dan keyless ignition system ini semakin memudahkan pengendara saat menyalakan mesin.

Sebenarnya sistem dengan remote ini telah sejak lama digunakan pada kendaraan-kendaraan roda empat. Produsen asal Perancis, Renault, melalui Renault Fuego, disebut-sebut sebagai produsen pertama yang menggunakan sistem tanpa anak kunci tersebut. Kendaraan yang diluncurkan pada 1982 ini menggunakan radio frequency identification (RFID) sebagai pengganti anak kunci. Merek-merek lainnya seperti Mercedes-Benz dan BMW juga melakukan hal serupa di tahun-tahun berikutnya.

Suzuki GSX-R150, Yamaha Aerox, All New Honda PCX, bahkan Yamaha FreeGo (tipe S) yang diluncurkan Oktober lalu juga telah tersemat teknologi tanpa kunci kontak. Tentu, masih banyak varian lainnya yang juga menggunakan teknologi serupa.

Keyless system juga bisa “mengunci” sistem starter apabila remote berada di luar radius tertentu. Menariknya lagi, answer back system yang umumnya sudah “sepaket” dengan sistem ini semakin memudahkan dalam mencari lokasi kendaraan saat diparkir.

Fitur lainnya adalah stop start system. Dengan teknologi ini, mesin akan mati secara otomatis apabila kendaraan tidak bergerak dalam beberapa detik.

Keselamatan

ABS juga masuk ke dalam daftar fitur unggulan. Sistem pengereman yang dapat membantu menghindari roda terkunci ini disebut-sebut bakal menjadi standar untuk sepeda motor terbaru di Amerika Serikat. Sementara di Eropa, sistem ini telah diterapkan mulai 2016 untuk sepeda motor di atas 125 cc.

Bagaimana di Indonesia? Teknologi yang juga membantu saat melintasi jalan basah ini telah tersemat pada sejumlah roda dua yang mengaspal di Tanah Air. Yamaha FreeGo S ABS menjadi salah satu skutik yang di dalamnya terdapat teknologi pengereman tersebut. Honda PCX, yang masuk ke dalam segmen premium juga telah memanfaatkan teknologi pengereman ABS.

power outlet di motor. (shutterstock)

Fitur menarik lainnya yang patut diulik adalah power outlet. Ponsel pintar, alat navigasi, dan pemutar musik akan cepat kehabisan baterai apabila digunakan sesering mungkin. Dengan adanya power outlet pada bagian depan sepeda motor, pengendara tak perlu khawatir gawainya kehabisan daya. Fitur ini juga amat berarti bagi para ojek daring yang sangat bergantung pada ponsel dan alat navigasi.

Masih banyak teknologi baru yang bermuara pada kenyamanan dan keselamatan berkendara. Semua itu tentu akan lebih berarti apabila diiringi dengan gaya berkendara yang santun dan mengikuti peraturan yang berlaku. [*/BYU]

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑