Ragam silica gel

Published on June 19th, 2018 | by Kompas Klasika

Menilik Beberapa Manfaat Silica Gel yang Serbaguna

Kotak kecil berisi butiran keras-bening ini mudah kita temukan dalam berbagai kemasan, mulai dari makanan hingga sepatu. Kita mengenalnya dengan sebutan silica gel, yang punya segudang manfaat.

Silica gel adalah natrium silikat (NaSiO2) yang dipadatkan dan diolah menjadi butiran, yang kemudian difungsikan sebagai penyerap kelembaban dan pengering. Bila diletakkan dalam produk kulit atau bahan makanan, fungsinya adalah untuk mencegah pertumbuhan jamur. Silica gel juga kerap diletakkan di dalam produk elektronik dan berfungsi untuk mencegah kerusakan.

Fungsi lain silica gel adalah mengeringkan ponsel yang basah. Jika ponsel jatuh di genangan air atau basah, segera ambil silica gel. Lepaskan baterai dan memory card dari ponsel. Masukkan dalam semangkuk penuh silica gel. Diamkan selama kurang lebih semalaman sebelum menghidupkan ponsel kembali.

Jika Anda menyimpan perangkat mesin-mesin tertentu atau kamera dan lensa, jangan lupa letakkan silica gel di dalamnya. Silica gel dapat membuat wadah penyimpanan perangkat elektronik dan permesinan menjadi lebih kering dan menghindarkan dari kondisi lembab.

Menyimpan foto dalam bentuk file di komputer atau gadget lainnya memang lebih praktis. Namun, ada kalanya kita ingin mencetak foto-foto tertentu yang dianggap paling bagus. Sayangnya, foto-foto yang disimpan terlalu lama biasanya menjadi lembab dan mudah lengket satu sama lain. Untuk mencegahnya, sebaiknya simpan foto-foto yang telah dicetak bersama dengan silica gel untuk meminimalkan risiko lembaran foto saling melekat.

Anda gemar mengoleksi tas? Kita mungkin terbiasa menyimpan tas dalam wadah kain dan diletakkan di dalam lemari. Namun, kondisi lemari yang kerap tertutup membuat kondisi di dalamnya menjadi relatif lembab. Akibatnya, tas-tas yang disimpan menjadi lebih mudah berjamur ataupun terkelupas. Agar hal ini tidak terjadi, masukkan sejumlah silica gel di dalam tas dan di dalam kemasan tas. Cara ini akan membuat area penyimpanan tas menjadi lebih kering.

Kita mungkin terbiasa menyimpan akta kelahiran, kartu keluarga, hingga dokumen lain seperti ijazah. Lalu menyatukannya ke dalam satu lokasi. Namun, penyimpanan yang terlalu lama bisa membuat dokumen-dokumen penting ini menjadi rusak. Pencegahannya bisa dengan silica gel. Masukkan sejumlah silica gel ke dalam tempat penyimpanan dokumen, misalnya ke bagian laci, kotak penyimpanan, atau amplop khusus.

Silica gel juga bisa membantu mengusir bau. Caranya adalah dengan meletakkan sejumlah silica gel pada wadah yang berisi barang-barang lama, seperti buku-buku bekas. Aroma apek biasanya akan berkurang. [*/MIL]

Foto : Shutterstock.com

Menilik Beberapa Manfaat Silica Gel yang Serbaguna Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags:


About the Author



Back to Top ↑