Kesehatan

Published on July 17th, 2018 | by Kompas Klasika

0

Siapkan 3 Hal Ini Sebelum Memutuskan Memiliki Anak

Memiliki anak berarti ada tanggung jawab baru yang diterima, yaitu sebagai orangtua. Ada beberapa pertimbangan penting sebelum memutuskan mempunyai momongan. Berikut 3 hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan memiliki anak.

1. Kesehatan

Untuk memiliki anak yang sehat dan cerdas, kedua orangtua sebaiknya mempunyai kondisi kesehatan yang prima. Saat ini, banyak ditawarkan premarital check-up atau pemeriksaan medis sebelum pernikahan.

Anda dan pasangan bisa mengambil pemeriksaan kesehatan ini sehingga mengetahui ada-tidaknya penyakit pada tubuh atau penyakit bawaan yang bisa memengaruhi kesehatan janin.

Jika salah satu pasangan diketahui mengalami kelainan darah seperti talasemia, diabetes, atau buta warna, pertimbangkan ulang ketika memutuskan akan memiliki anak. Ketiga penyakit tersebut berpotensi diturunkan pada anak.

2. Finansial

 

Biaya melahirkan di rumah sakit cukup tinggi. Persiapan menyambut kehadiran anggota baru dalam rumah seperti penyiapan kamar, popok, dan pakaian bayi juga membutuhkan alokasi biaya khusus.

Sebagai orangtua, Anda pun perlu memikirkan biaya sekolah anak nantinya, dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya pastikan kondisi finansial Anda dan pasangan terlebih dulu sebelum memiliki momongan. Kondisi finansial yang stabil dan mapan akan membantu memberikan dukungan yang baik dalam proses tumbuh kembang anak.

Sangat mungkin Anda akan mengubah gaya hidup menjadi setingkat lebih rendah untuk memberikan dukungan terbaik bagi anak.

3. Dewasa

Jika mempunyai hubungan yang dewasa dengan pasangan, Anda telah siap memiliki anak.

Dewasa artinya tahu cara menangani permasalahan, mampu menyelesaikan konflik dengan baik, serta mempunyai nilai dan visi yang disepakati bersama.

Anda dan pasangan pun telah memahami tugas dan tanggung jawab sebagai orangtua. Peran untuk merawat dan membesarkan anak tidak hanya berada di pundak ibu.

Peran ayah pun tidak boleh dikesampingkan. Dengan kata lain, kekompakan ayah-ibu dalam berbagi tugas sebagai orangtua menjadi aset yang penting ketika seorang anak lahir. [*/MIL]

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑