Kilau Ramadhan mudik dengan sepeda motor

Published on June 11th, 2018 | by Kompas Klasika

Setelah Digunakan Mudik, Bagian Sepeda Motor Ini Harus Diperhatikan

Aktivitas kembali normal, kemacetan kembali datang. Apakah sepeda motor kesayangan Anda juga sudah siap untuk diajak kembali berjibaku di tengah kepadatan lalu lintas Ibu Kota setelah menempuh perjalanan jauh pulang ke kampung halaman?

Walau sebenarnya jika sudah melakukan servis sebelum mudik, tak masalah jika ingin langsung menggunakannya beraktivitas harian. Akan tetapi, tak ada salahnya jika menilik kembali beberapa komponen penting pada kendaraan roda dua ini setelah menempuh perjalanan jauh. Bukan hanya demi kenyamanan berkendara, tetapi juga keamanan.

Tiap-tiap pabrikan punya kriteria jangka waktu dan kilometer untuk servis ringan yang harus dilakukan. Untuk itu, menilik perlu-tidaknya melakukan servis kembali pascamudik dapat dilihat dari kilometer kendaraan.

Jika kilometer sudah mencapai 4 ribu, bisa dilakukan servis ringan yang mencakup penggantian oli dan pengecekan semua komponen. Misalnya ban, yang membawa beban cukup berat dan bisa jadi melewati jalanan yang tidak mulus kala perjalanan mudik. Pastikan tidak ada benjolan pada ban, kembang atau motifnya pun masih dalam kondisi laik pakai. Periksa pula bagian rantai.

Pastikan ketegangannya tetap baik. Lalu, periksa oli untuk bagian suspensi. Bisa jadi oli encer atau bahkan kekurangan oli sehingga menyebabkan pantulan berlebihan dan tidak nyaman untuk dibawa berkendara.

Cek pula fungsi dan kondisi rem. Jika tak sempat mengganti kanvas rem sebelum mudik, sekarang adalah saat yang tepat untuk menggantinya agar senantiasa aman dan selamat selama berkendara. Lakukan pula penggantian minyak rem.

Satu hal yang penting, ceklah seluruh bagian oli yang bertugas sebagai pelumas dan memastikan komponen bekerja dengan baik. Manjakan dan rawat kuda besi Anda setelah diajak menempuh perjalanan panjang dan melintasi berbagai medan, sebelum kembali bergulat di Ibu Kota. [ADT]

Foto : dokumen Tommy B. Utomo

Setelah Digunakan Mudik, Bagian Sepeda Motor Ini Harus Diperhatikan Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑