Musik guns n' roses

Published on July 24th, 2018 | by Kompas Klasika

Setelah 29 Tahun, Guns N’ Roses Kembali Bertengger di Billboard 200

Nama Guns N’ Roses masih bertuah. Begitu pun album bertajuk Appetite for Destruction. 29 tahun silam, album legendaris ini merajai daftar album populer Billboard 200. Pekan lalu, tepatnya pada 14 Juli 2018, Appetite for Destruction kembali masuk dalam daftar album terpopuler pada posisi kesepuluh. Pencapaian itu menyusul diriliskan edisi deluxe remastered pada akhir bulan lalu.

Billboard 200

Patut diketahui, Billboard 200 merupakan daftar album terpopuler di AS dalam sepekan. Daftar itu disusun berdasarkan konsumsi multimetrik yang diukur setara dengan unit album. Tentu saja, dengan menurunnya penjualan album dalam bentuk tradisional, dibutuhkan pengukuran baru untuk mencatat pencapaian penjualan musik secara digital.

Jadi, pengukuran unit album yang baru meliputi penjualan album secara tradisional, track setara album (TEA), dan streaming setara album (SEA). Dalam sepekan, dihitung, berapa unit album yang terjual, atau kelipatan 10 track dalam album, atau kelipatan 3.750 lagu dalam album bersisipkan iklan yang di-streaming. Nah, berdasarkan semua perhitungan tadi, Appetite for Destruction pun berhak masuk ke dalam 10 besar album terpopuler.

Format

Edisi reissue ini tersedia dalam sejumlah format. Selain album remastered standar dengan 12 track, tersedia pula edisi deluxe yang baru dengan 18 bonus track. Ada pula set piringan hitam ganda berisi 73 track edisi terbatas Locked N’ Loaded box set berisi empat keping cakram padat, sebuah cakram bluray, tujuh piringan hitam, dan tujuh single. Sebuah lagu baru yang belum pernah dirilis, “Shadow of Your Love” berulang kali disiarkan di radio dan menduduki posisi kelima pada tangga lagu Mainstream Rock Songs.

Sebagai catatan, nyaris tiga dekade silam, album ini memulai kiprahnya pada posisi ke-182 Billboard 200 pada 29 Agustus 1987. Butuh waktu setahun hingga akhirnya pada 6 Agustus 1988 album ini mencapai posisi nomor satu. Tercatat lima pekan lamanya, walau tidak berturut-turut, Appetite for Destruction bertengger pada posisi teratas dan mengukuhkan diri sebagai 6 album terbesar Billboard 200 pada 1988. [ACA]

Foto dokumen Universal Music Group

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 17 Juli 2018

Setelah 29 Tahun, Guns N’ Roses Kembali Bertengger di Billboard 200 Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑