Langgam Gold Coast

Published on December 6th, 2018 | by Kompas Klasika

0

Aneka Atraksi yang Wajib Dikunjungi di Gold Coast, Australia

Menyebut nama Gold Coast, salah satu destinasi populer wisata Australia, yang segera terbayang adalah pantainya yang indah. Padahal, jika berkunjung ke Gold Coast, Anda tidak hanya dapat menikmati wisata bahari. Terdapat banyak atraksi lain yang tak kalah menarik yang akan membuat kunjungan Anda lebih berkesan.

Jutaan turis berkunjung ke Gold Coast tiap tahunnya, menjadikan pariwisata sebagai industri utama yang menggerakkan perekonomian kota ini. Diperkirakan, 1 dari 6 pekerjaan di kota ini terkait dengan pariwisata.

Foto-foto: Iklan Kompas/Mahansa Sinulingga

Hawa liburan sangat terasa jika berkeliling kota. Waktu terasa bergerak lebih lambat. Nyaris tidak ada orang yang bergegas di jalanan saat penulis berkunjung bulan lalu. Menjelang puncak musim panas pada Desember-Januari, cuaca sangat bersahabat. Langit biru, angin sepoi-sepoi. orang tampak lalu-lalang mengenakan busana kasual.

Keindahan pantai-pantai Gold Coast yang membentang sepanjang sekitar 60 kilometer tak diragukan lagi. Bukan tanpa alasan salah satu pantai paling populer dinamakan Surfers Paradise. Pasir putihnya yang lembut nyaman untuk berjemur, sementara ombaknya yang melambai-lambai seakan memanggil para peselancar untuk segera menjajal. Selain itu, terdapat pula pantai-pantai lain yang tak kalah menarik, antara lain Broadbeach, Main Beach, dan Burleigh Heads.

Berkeliling kota dapat dilakukan dengan mudah naik kereta G Link. Memanfaatkan kartu GO Explore seharga 10 dollar Australia, pengunjung dapat naik bus dan trem sepuasnya selama sehari penuh. Selain menikmati pantai, kunjungi sejumlah kafe yang betebaran dan nikmati secangkir kopi. Anda juga dapat mampir untuk berbelanja di Pacific Fair, mal terbesar dengan konsep ruang terbuka yang menyenangkan. Selain berbelanja barang-barang bermerek atau merek-merek kenamaan Australia, Anda juga dapat menjajal burger kegemaran warga lokal, Betty’s Burgers.

Balon udara

Namun, Gold Coast bukan hanya pantai. Dalam hitungan kurang dari satu jam berkendara dari pusat kota, Anda dapat mencapai sejumlah lokasi tempat atraksi menarik. Salah satu kegiatan menantang yang dapat Anda lakukan adalah naik balon udara panas. Balon-balon udara ini terbang dari kawasan perkebunan dan peternakan tak jauh dari Canungra.

Penerbangan biasanya dilakukan pagi hari saat matahari baru terbit di ufuk. Menariknya, Anda tidak pernah tahu akan terbang dari mana sehingga setiap penerbangan menjadi petualangan yang unik. Mengapa demikian? Pasalnya, balon udara bergerak karena embusan angin. Karena arah embusan angin bisa berubah-ubah, rute yang ditempuh juga akan selalu berbeda.

Selama 30 menit di udara, Anda dapat menikmati pemandangan kawasan hinterland yang hijau dan permai. Sementara, di kejauhan tampak siluet menara-menara pencakar langit di pusat kota Gold Coast dan Samudera Pasifik di cakrawala. Dikelilingi langit biru yang bersih, tamasya udara ini akan menjadi pengalaman menakjubkan.

Setelah terbang dengan balon udara, perut tentu keroncongan karena belum diisi sejak subuh. Anda dapat mampir di kebun anggur O’Reilly di Lembah Canungra untuk menikmati sarapan. Menyantap sosis dan telur orak-arik di beranda rumah sambil menatap jajaran pohon anggur dijamin membuat selera makan berlipat ganda. Setelah perut kenyang, Anda dapat bereksplorasi seputar perkebunan.

Kebun anggur ini dibatasi anak sungai Canungra. Lain waktu, Anda mungkin dapat piknik di tepian sungai menikmati pepohonan jacaranda ditingkah kecipak air. Anak kecil juga akan senang melihat dan memberi makan alpaca, satwa asal Amerika Latin yang mirip ilama.

Jika ingin lebih menyelami kawasan hinterland, Anda dapat berkunjung ke taman nasional Springbook atau Lamington. Anda bisa berkemah atau trekking untuk lebih mendekatkan diri ke alam.

Pilihan lain adalah ke Gunung Tamborine. Ada dua cara menarik menikmati pesona gunung yang dapat dicapai kurang dari sejam dari Gold Coast ini. Pertama, menembus hutan eukaliptus naik kendaraan berpenggerak roda empat. Jika beruntung, Anda dapat melihat koala yang tidur menggantung di antara ranting-ranting pohon. Kedua, trekking di hutan menuju air terjun Curtis.

Bersama pemandu berpengalaman, Anda akan diperkenalkan pada beragam flora dan fauna yang ditemui sepanjang jalur menembus hutan hujan itu. Tak perlu khawatir, meski menembus hutan, jalur yang ditempuh cukup nyaman dan aman meski bagi warga senior.

Bertemu koala

Belum lengkap kunjungan ke Australia jika belum bertemu dengan sejumlah satwa khas benua ini. Jika Anda berlibur bersama keluarga, Anda bisa mengajak si kecil ke Currumbin Wildlife Sanctuary. Di tempat ini, Anda dapat mengenal kehidupan alam bebas Australia dari dekat. Temui kangguru, koala, wombat, aneka burung, buaya, dan banyak lagi. Menariknya, hanya di tempat inilah Anda bisa berfoto dengan koala sambil menggendongnya.

Anda juga dapat bermain di theme park Movie World. Terdapat banyak wahana seru dan menyenangkan dengan karakter-karakter Warner Bros. Termasuk di antaranya karakter-karakter pahlawan super DC, antara lain Superman, Batman, dan Wonder Woman. Mereka yang gemar uji nyali menaiki wahana ekstrem, boleh menjajal DC Rivals Hypercoaster yang merupakan roller coaster terpanjang, tercepat, dan tertinggi di belahan Bumi selatan.

Menaiki wahana ini, Anda akan dibawa naik setinggi 62 meter sebelum kemudian “dijatuhkan” nyaris tegak lurus dengan kecepatan maksimal mencapai 115 kilometer per jam! Benar-benar hanya cocok bagi mereka yang punya nyali. [ACA]

Terbang Nyaman Menuju Brisbane

Untuk mencapai Gold Coast, Anda terlebih dulu menuju Brisbane. Terletak di sisi timur Benua Australia, ibu kota negara bagian Queensland ini merentang jarak sejauh 3 zona waktu dari Jakarta. Sayangnya, belum ada penerbangan langsung dari Jakarta. Anda harus harus transit dulu, antara lain dari Singapura.

Salah satu maskapai penerbangan yang dapat digunakan mencapai Brisbane dari Jakarta adalah Singapore Airlines. Ini merupakan pilihan tepat untuk penerbangan yang memakan waktu selama 8 jam dari Singapura. Untuk durasi perjalanan selama itu, Anda harus memastikan, perjalanan berlangsung nyaman dan menyenangkan.

Untuk rute tersebut, Singapore Airlines mengoperasikan antara lain pesawat ultramodern A350-900, yang terbagi dalam tiga kelas, yakni Business Class, Premium Economy Class, dan Economy Class, masing-masing dengan konfigurasi kursi 1-2-1, 2-4-2, dan 3-3-3.

Tak perlu khawatir akan merasa bosan selama penerbangan karena Anda tidak akan kekurangan hiburan. Inflight entertainment pada semua kelas menyajikan film-film terkini dan berbagai tayangan menarik pada monitor layar sentuh. Bagi yang memiliki akun KrisFlyer bahkan dapat memilih terlebih dulu film-film yang hendak ditonton melalui aplikasi khusus.

Tak masalah pula jika hendak meng­gunakan gadget pribadi. Terdapat colokan catu daya dan USB sehingga Anda tak perlu bingung kehabisan daya. Jika dibutuhkan, Anda juga dapat menggunakan Wi-Fi dengan harga tertentu.

Yang menarik, karena penerbangan menuju Brisbane harus transit di Changi, Anda berhak atas program Transit Reward Program senilai 20 dolar Singapura. Caranya, Anda cukup menunjukkan paspor dan boarding pass di iShopChangi di area transit Terminal 2 dan 3 yang buka selama 24 jam. Anda akan mendapatkan voucer senilai 20 dolar Singapura yang dapat digunakan untuk berbelanja di Changi.

Setelah terbang, jangan membuang boarding pass Anda. Melalui program Boarding Pass Privileges, dengan menunjukkan boarding pass, Anda dapat menikmati berbagai diskon eksklusif untuk menginap di hotel, penyewaan mobil, restoran, butik, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat wisata lainnya. Penawaran ini berlaku hingga 1 bulan dari tanggal keberangkatan atau hingga 1 tahun khusus bagi anggota KrisFlyer dan PPS club. [*/ACA]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 4 Desember 2018.

Aneka Atraksi yang Wajib Dikunjungi di Gold Coast, Australia Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑