Properti interior gipsum

Published on January 14th, 2019 | by Dimitri

Selain Berguna sebagai Partisi, Ini 4 Manfaat Lain Papan Gipsum

Papan gipsum bisa digunakan untuk beragam keperluan. Kelebihannya, material ini ringan dan punya spesifikasi khusus sesuai kebutuhan. Ada papan gipsum dengan fitur tahan api, tahan kelembaban, dan tahan gema. Selain itu, yang terbaru, ada pula papan gipsum yang bisa meredam suara.

Di perumahan-perumahan yang semakin rapat seperti sekarang, suara dari luar rumah lebih sering bisa didengar penghuni rumah. Apalagi, jalan raya yang ramai pun menimbulkan bising. Hal ini kerap menimbulkan rasa tidak nyaman, apalagi ketika penghuni rumah menginginkan ketenangan. Pemilik rumah sebenarnya bisa menyiasati hal ini, misalnya dengan lapisan antibising.

Suara dari luar biasanya terdengar lebih keras ketika memantul di tembok-tembok atau langit-langit rumah. Plafon dari tripleks, misalnya, lebih berpotensi memantulkan suara. Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai papan gipsum soundproofing. Selain dimanfaatkan untuk langit-langit, papan gipsum juga bisa Anda gunakan sebagai partisi antar-ruang di gedung-gedung bertingkat seperti rumah sakit, apartemen, perkantoran, dan hotel. Berikut manfaat lain gipsum.

Pertama, papan gipsum dengan spesifikasi khusus bisa meminimalisasi bising hingga 70 persen pada rata-rata empat frekuensi suara, yaitu 250, 500, 1000, dan 2000 hertz.

Kedua, papan gipsum ini jauh lebih ringan daripada batu bata sehingga lebih ramah terhadap ancaman gempa. Setiap satu meter persegi papan gipsum berbobot 11 kilogram, sementara bata ringan 100 kilogram dan batu bata biasa bisa mencapai 250 kilogram. Dengan bobot yang ringan itu, bahaya tertimpa reruntuhan ketika terjadi gempa bumi bisa dihindari.

Ketiga, pemasangan papan gipsum pun lebih cepat enam kali daripada batu bata yang memerlukan waktu lama untuk proses plester dan aci.

Keempat, papan gipsum lebih efektif menahan rembetan api ketika terjadi kebakaran. Ini tentu saja menguntungkan.

Teknologi memungkinkan kita mempunyai banyak pilihan material bangunan. Dengan membaca kebutuhan konsumen, gipsum pun kini terus berinovasi meningkatkan kualitas. [*/NOV]


About the Author

Desainer, pengembang, dan administrator web di bagian Produksi divisi Iklan Harian Kompas.



Back to Top ↑