Kilau Ramadhan ilustrasi tumpukan kardus peralatan rumah tangga

Published on June 16th, 2017 | by Kompas Klasika

Sambut Lebaran, Siapkan Peralatan Rumah Tangga dari Sekarang

            Menjelang Lebaran, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Apalagi untuk menyambut sanak saudara yang akan datang ke rumah. Salah satu yang perlu disiapkan dari sekarang, yaitu peralatan rumah tangga.

Beberapa orang biasanya hanya fokus menyiapkan makanan dan pakaian ketika menyambut Lebaran. Padahal, peralatan rumah tangga juga perlu diperhatikan. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu mengecek peralatan rumah tangga di rumah.

Peralatan rumah tangga seperti kompor, lemari es, dan penanak nasi perlu menjadi perhatian. Anda perlu memastikan semua peralatan tersebut masih berfungsi dengan baik. Jangan sampai menjelang Lebaran, peralatan tersebut ternyata tak bisa digunakan.

Jika rusak, opsi berikut yang bisa diambil yaitu memperbaiki. Namun, jika usia peralatannya sudah lama, ada baiknya Anda mempertimbangkan membeli yang baru. Selain itu, Anda juga sebaiknya melengkapi rumah dengan peralatan rumah tangga yang akan berguna menyambut tamu pada momen Lebaran.

 

Teko listrik

Salah satunya dengan membeli teko listrik. Produk ini menjadi favorit banyak orang karena praktis digunakan. Harganya juga relatif murah dan berdaya listrik rendah. Melalui produk ini Anda bisa memasak air atau memanaskan secara praktis.

Namun, sebelum membeli teko listrik, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Salah satunya yaitu pastikan produk yang dipilih memiliki bahan stainless steel. Hal ini patut menjadi pertimbangan karena teko yang berbahan plastik bisa berbahaya saat proses pemanasan.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu dari segi penggunaan. Gunakan teko listrik hanya untuk memasak atau memanaskan air. Hindari bereksperimen memasak dengan menggunakan teko listrik. Selain itu, hindari menggunakan teko listrik tanpa air di dalamnya. Hal ini bisa merusak teko listrik.

 

Blender

Peralatan rumah tangga lain yang bisa dibeli yaitu blender. Produk ini berguna ketika Anda ingin menyajikan jus atau minuman tertentu untuk para tamu. Selain itu, blender bisa digunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu masakan.

Namun, pastikan Anda menggunakan blender hanya untuk mengolah bahan makanan yang bersifat lunak atau mengandung banyak cairan. Hal ini bertujuan untuk menjaga mata pisau di blender tetap berfungsi dengan maksimal. Selain itu, pilih blender yang memiliki perangkat pisau yang bisa dibongkar pasang agar bisa memiliki beragam fungsi.

 

Dispenser

Dispenser menjadi peralatan rumah tangga yang perlu Anda beli Lebaran kali ini. Produk ini berfungsi mempermudah ketika mengambil air minum, baik dingin maupun panas. Hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki dispenser yaitu fungsi. Pastikan dispenser tersebut memilik fungsi pemanas dan pendingin sesuai yang Anda inginkan.

 

Setrika

Terakhir, Anda perlu menyiapkan setrika yang prima. Jangan sampai ketika Anda akan menyetrika baju Lebaran, produknya tak berfungsi dengan maksimal. Jika ingin membeli setrika baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya yaitu memilih setrika dengan lapisan ceramic coating yang lebih tahan gores dan tak mudah terkelupas. Perhatikan juga fitur insulasi ganda. Fitur ini melapisi kabel dengan rubber compound yang tahan panas dan cabel ground sehingga lebih aman.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan yaitu bagian kabel. Pastikan setrika yang dipilih kabelnya fleksibel yang tak mudah kusut dan tahan panas. Sebagai rekomendasi, fitur-fitur tersebut bisa ditemui di setrika Miyako tipe EI-109 M dan EI-1019 SP. [INO]

Foto dokumen Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 16 Juni 2017

Sambut Lebaran, Siapkan Peralatan Rumah Tangga dari Sekarang Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑