Layar Perak review film winchester

Published on April 4th, 2018 | by Kompas Klasika

Review Film Winchester (2018): Misteri Rumah Megah dengan Puluhan Kamar

Sarah Winchester memiliki alasan kuat karena membangun terus rumahnya menjadi sebuah rumah yang megah. Sarah (Hellen Mirren) adalah pewaris tunggal kekayaan suaminya, William, pemilik pabrik senjata.

Semenjak kepergian suaminya, Sarah pindah ke San Jose, California, dan terus membangun rumahnya tanpa henti. Hal itu membuat para pemegang saham perusahaan mengkhawatirkan kewarasan Sarah dan meminta seorang dokter bernama Eric (Jason Clarke) untuk mengevaluasi kesehatan mental Sarah.

Foto-foto dokumen Lionsgate.

Untuk melakukan hal itu, Eric harus tinggal di rumah Sarah. Di sana, dia bertemu dengan keponakan Sarah, Marion (Sarah Snook), dan anaknya Henry (Finn Scicluna-O’Prey). Eric menyadari bahwa rumah Sarah dibangun dalam bentuk yang tidak beraturan, dengan banyak sayap dan kamar. Eric kerap mengalami kejadian mistis, tetapi dia mengira itu efek dari ketergantungannya pada obat-obatan.

Setelah Henry terlihat berjalan sambil tidur dan nyaris membunuh dirinya sendiri dengan terjun dari lantai atas, Eric mendapatkan pengakuan dari Sarah jika dirinya dikutuk oleh para arwah korban senjata yang diproduksi oleh perusahaan suaminya. Arwah-arwah tersebutlah yang meminta ruangan di rumah Sarah. Beberapa yang jahat masih bertahan dan menuntut balas.

Dalam ketidakpercayaannya, Eric berusaha membantu Sarah untuk menyelesaikan urusannya dengan para arwah agar seluruh isi rumah bisa selamat.

Kurang intens

Gol dari sebuah film horor adalah membuat penonton ketakutan. Khususnya untuk film yang diadaptasi dari kisah nyata seperti film ini. Plot jadi bukan hal yang harus digarisbawahi. Intinya, tujuan akhirnya adalah membuat bulu kuduk penonton berdiri selama mungkin.

Film ini memiliki suasana yang dark, mulai dari penggambaran rumah Winchester sampai gaun dan aksesori serbahitam yang digunakan Sarah. Aura seram sudah terasa sejak karakter Eric melangkahkan kakinya ke rumah Winchester. Gangguan-gangguan mistis yang dialami Henry dan Eric pun banyak memberikan kejutan, walau bisa dibilang kurang intens.

Kengerian yang diharapkan muncul dari arwah-arwah yang menuntut balas pun berujung pada rasa kecewa besar. Film ini mungkin berhasil memberikan rasa takut bagi penonton, tapi belum sampai batas maksimal.  [DLN]

Tayang perdana  :
Maret 2018

Sutradara :
Spierig Brothers

Penulis skenario  :
Spierig Brothers dan Tom Vaughan

Pemain :
Hellen Mirren, Jason Clarke, Sarah Snook, Finn Scicluna-O’Prey

Rilisan  :
Amerika Serikat

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 3 April 2018

Review Film Winchester (2018): Misteri Rumah Megah dengan Puluhan Kamar Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , ,


About the Author



Back to Top ↑