Layar Perak review film tomb raider

Published on April 4th, 2018 | by Kompas Klasika

Review Film Tomb Raider (2018): Menelusuri Mitos, Menguak Kebenaran

Menerima kepergian orang terkasih memang bukanlah hal yang mudah, termasuk untuk seorang Lara Croft. Dalam film ini, Lara (Alicia Vikander) memutuskan untuk pergi dari rumah setelah kepergian ayahnya, Richard Croft (Dominic West). Richard pergi untuk mengupas misi khusus, yang membuatnya tak pernah kembali. Lara, tak mau mengakui bahwa ayahnya sudah meninggal. Dia menolak menandatangani surat kematian ayahnya.

Namun, Lara akhirnya berubah pikiran. Pengacara sang ayah menyerahkan titipan Richard, sebuah tabung berisi teka-teki. Lara menemukan fakta bahwa ayahnya pergi menuju sebuah pulau bernama Yamatai untuk mencari Himiko, ratu Yamatai yang dimitoskan memiliki kekuatan mengerikan. Dari sebuah rekaman, Richard meminta Lara untuk menghancurkan semua penelitian tentang Himiko.

Namun, Lara berpikiran lain. Berbekal berkas-berkas milik ayahnya, dia pergi ke Hongkong dan bertemu Lu Ren (Daniel Wu), dan meminta pria itu untuk mengantarkannya ke Pulau Yamatai. Sesampainya di Yamatai, Lara mengetahui bahwa pulau tersebut berpenghuni.

Belakangan, dia menyadari bahwa orang-orang itu sedang mencari sesuatu, yang sama seperti yang dicari Lara. Pencariannya akan kenangan sang ayah menyeretnya ke sebuah petualangan berbahaya.

 Versi lebih baik

Melihat sosok Alicia Vikander, mungkin banyak orang tak akan percaya kalau perempuan ini akan terpilih di film Lara Croft. Perawakannya mungil, wajahnya sendu. Sementara itu, karakter Lara Croft begitu lekat dengan Angelina Jolie yang memiliki tubuh yang lebih gagah dan tatapan yang tajam.

Karakter Lara Croft kali ini dikembangkan dengan sangat baik. Penekanan pada sisi sentimentil lara Croft karena kehilangan ayahnya dieksekusi dengan baik. Begitu pula dengan penggambaran karakter Lara yang lebih manusiawi, mengalami banyak kesulitan dan rintangan. Beberapa adegan bahkan membuat penonton turut gelisah menyaksikan sang karakter utama berusaha keras untuk keluar dari kesulitan.

Dibawakan Alicia, karakter Lara lebih terlihat feminim, elegan, dengan sentuhan ketegaran. Lara versi Alicia juga bukan karakter sekuat Xena the Warrior Princess, banyak kesalahan dilakukan, yang membuat penonton merasakan iba dan khawatir.

Reboot kali ini cukup mengena di hati penonton. Banyak yang mengharapkan adanya sekuel yang menyajikan lebih banyak aksi Lara Croft versi Alicia. [DLN]

Tayang perdana :
Maret 2018

Rilisan :
Amerika Serikat

Sutradara :
Roar Uthhaug

Penulis skenario :
Evan Daugherty, Geneva Robertson-Dworet

Pemain :
Alicia Vikander, Dominic West, Walton Goggins, Daniel Wu, Kristin Scott Thomas, Daniel Wu

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 28 Maret 2018

Review Film Tomb Raider (2018): Menelusuri Mitos, Menguak Kebenaran Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑