Gaya Hidup Resort Collection

Published on August 7th, 2018 | by Kompas Klasika

Resort Collection Semarakkan Ranah Fashion Dunia

Para perancang fashion kaliber dunia kerap menyinergikan kreativitas dan konsistensi dalam berkarya. Selain rutin mengeluarkan koleksi teranyar untuk Spring Summer dan Fall Winter, mereka memiliki satu jenis koleksi lagi yang mencuri atensi, koleksi Resort (resort collection).

Awalnya, koleksi Resort atau Cruise (collection croisiere dalam bahasa Perancis) mengacu pada koleksi pakaian yang dirancang khusus sejumlah desainer maupun rumah mode ternama untuk didedikasikan kepada pelanggan premium, yang menjadi loyal customer mereka.

Koleksi ini biasanya dikeluarkan dengan kekhususan tema liburan. Hal tersebut menjawab kebutuhan kaum jetset yang kerap kali melakukan perjalanan berlibur menggunakan kapal pesiar menuju daerah Amerika Utara atau memilih area beriklim hangat di wilayah Mediterania pada awal tahun.

Seiring waktu, koleksi Resort tidak hanya milik kaum jetsetter. Kini, seluruh penikmat mode dapat memiliki koleksi ini, terutama untuk mereka yang sudah melengkapi koleksi Fall Winter, dan sedang mencari pakaian untuk dikenakan saat berpelesir.

Jenisnya biasa didominasi dalam rupa pakaian musim panas berbahan tipis dan ringan, termasuk baju renang. Nah, boleh dikatakan, kehadiran koleksi Resort awal mulanya banyak digawangi rumah mode dunia, seperti Ralph Lauren, Chanel, Dior, Gucci, dan Marc Jacobs.

Awalnya, memang ditujukan untuk perempuan. Namun, dalam lima tahun terakhir, rumah mode Dolce & Gabbana, Giorgio Armani, Prada, Gucci, Burberry, maupun Yves Saint-Laurent memperkenalkan koleksi Resort untuk laki-laki, dan secara konsisten dilakukan setiap tahunnya.

Adapun koleksi Resort bisa didapati di butik maupun gerai fashion sekitar bulan November. Jadwal ini ditujukan untuk mengisi kekosongan koleksi mode Fall Winter (tersedia pada bulan September) maupun Spring-Summer (tersedia pada bulan Februari).

Banyak diadopsi

Seperti yang dilaporkan situs berita Telegraph, koleksi Resort saat ini telah banyak diadopsi label fashion ternama. Tujuannya tak hanya untuk memperkenalkan lini pakaian terbaru, tetapi juga mengambil kesempatan untuk “menyuntikkan” koleksi pertengahan musim yang benar-benar baru dan harus dipasarkan.

Dalam strategi penjualan, dirilisnya koleksi ini juga menjadi cara efektif untuk menambah pundi-pundi pendapatan. Hal itu diungkapkan salah seorang perancang dunia Michael Kors, “Koleksi Resort menjadi musim di mana Anda bisa menjual pakaian paling banyak. Dan, menariknya, pakaiannya juga dapat digunakan untuk musim apa pun sepanjang Anda suka.”

Tak heran jika dirilisnya koleksi Resort acap kali dianggap lebih komersial ketimbang koleksi utama seorang desainer. Bahkan, untuk memperlihatkan lini terbarunya, koleksi Resort turut ditampilkan secara spesial dalam titian peraga di kota-kota mode dunia, seperti New York, London, Milan, dan Paris. [*/AJG]

Foto-foto : Humberto Vidal/ Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 6 Agustus 2018.

Resort Collection Semarakkan Ranah Fashion Dunia Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , , ,


About the Author



Back to Top ↑